PENGARUH PEMBANGUNAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI PENYERAPAN TENAGA KERJA SEKTOR TIK DI INDONESIA

ALMIZAN ALMIZAN

Abstract


Teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini berkembang pesat dapat memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi. Indeks Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) Indonesia dari tahun 2017-2019 mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, namun pemanfaatan TIK di Indonesia masih belum sebesar negara ASEAN lainnya. Oleh karena itu, pengembangan TIK yang dilakukan dengan peningkatan infrastruktur TIK dan peningkatan sumber daya manusia TIK, diharapkan dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja sektor TIK untuk meningkatkan pengaruh teknologi informasi dan komunikasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Menganalisis pengaruh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap pertumbuhan ekonomi baik secara langsung maupun tidak langsung melalui variabel penyerapan tenaga kerja sektor TIK di Indonesia tahun 2017-2019. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan variabel teknologi informasi dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Kemudian variabel penyerapan tenaga kerja sektor TIK dapat memediasi pengaruh antara perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan pertumbuhan ekonomi.

Keywords


Pembangunan TIK; penyerapan tenaga kerja TIK; pertumbuhan ekonomi

References


Andini. (2019). Pengaruh Foreign Direct Investment dan Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap PDB Per Kapita Di Beberapa Negara ASEAN Tahun 2008-2017. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Syarif Hidayatullah Jakarta.

Awandari, Luh Putu Putri. (2016). Pengaruh Infrastruktur, Investasi, dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kesejah teraan masyarakat melalui Kesempatan Kerja. E-jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Vol 5 No 12.

Badan Pusat Statistika. (2019). Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Damodar, Gujarati. (2012). Dasar-dasar Ekonometrika, Buku 2 Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.

Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2016). Penyusunan Roadmap Pembangunan Sektor Teknologi Informatika dan Komunikasi Jangka Panjang s.d. 2045 menuju 100 Tahun Indonesia Merdeka. Jakarta: Badan Litbang SDM KOMINFO.

Kesuma, Ni Luh Aprilia., & Utama, I Made Suyana. (2015). Analisis Sektor Unggulan dan Pergeseran Pangsa Sektor-Sektor Ekonomi Kabupaten Klungkung. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, Vol. 8 No.1. FE Universitas Udayana.

Ngatono. (2016). Pengaruh Infra struktur Telekomunikasi Terhadap Pertum buhan Ekonomi di Provinsi Banten Tahun 2004-2013. Jurnal Prosisko Vol. 3 No1.

Rahman, Afzalur. (1995). Doktrin Ekonomi Islam. Yogyakarta: PT Dhana Bakti Wakaf.

Sadono, Sukirno. (2010). Teori Pengantar Makro Ekonomi. Jakarta: Rajawali Pers.

Saputra, Oktaviona Dwi. (2011). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja di Kota Salatiga. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponogoro Semarang.

Wadhana, Adhitya. (2020). Teknologi Informasi Komunikasi dan Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Barat dan Timur Indonesia Periode 2014-2018. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.




DOI: http://dx.doi.org/10.15548/al-masraf.v5i2.458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  

View My Stats