ANALISIS PENERIMAAN APLIKASI FLIP DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

PIPIT FITRIA, ASCARYAN RAFINDA, ABDURRAHMAN HAFID, LEGO WASPODO

Abstract


Penelitian ini membahas penggunaan FLIP.id yang merupakan start up yang bergerak dalam bidang financial technology yang menawarkan transaksi antar bank tanpa biaya. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis penerimaan Aplikasi Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi.id. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan sampling jenuh karena seluruh populasi digunakan sebagai sampel dalam penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku Usaha Kecil Menengah dan Guru di Cirebon. Pengukuran penerimaan Aplikasi FLIP.id dengan metode TAM sehingga persepsi pengguna dan dapat diketahuinya faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut. Metode analisis data menggunakan SEM-PLS dengan bantuan program SMartPLS dan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang terkumpul sebanyak 35 responden dengan 21 butir pertanyaan. Adapun hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa terdapat variabel Persepsi Kemudahan berpengaruh positif terhadap Penerimaan Aplikasi FLIP.id, serta Persepsi kebermanfaatan berpengaruh positif terhadap Penerimaan Aplikasi FLIP. id. Dengan memperluas penelitian ke arah ini, kumpulan pengetahuan yang lebih kuat dapat dikembangkan, berkontribusi pada desain dan implementasi aplikasi seluler yang berpusat pada pengguna dan solusi teknologi yang lebih memenuhi kebutuhan dan preferensi pengguna.

Keywords


Model penerimaan teknologi; FLIP.id

References


Al-Gahtani, S. S. (2001). The Applicability of TAM Outside North America : An Empirical Test in the United Kingdom. Information Resources Management Journal, 14(3), 37–46. https://doi.org/10.4018/irmj.2001070104

Chau, P. Y. K. (1996). An Empirical Assessment of a Modified Technology Acceptance Model. Journal of Management Information Systems, 13(2), 185–204. https://doi.org/10.1080/07421222.1996.11518128

Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982–1003. https://doi.org/10.1287/mnsc.35.8.982

Ginantra, N. L. W. S. R., Simarmata, J., Purba, R. A., Tojiri, M. Y., Duwila, A. A., Siregar, M. N. H., Nainggolan, L. E., Marit, E. L., Sudirman, A., & Siswanti, I. (2020). Teknologi Finansial: Sistem Finansial Berbasis Teknologi di Era Digital. Yayasan Kita Menulis.

Kurniawati, H. A., Arif, A., & Winarno, W. A. (2017). Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Yang Telah Dimodifikasi. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 24. https://doi.org/10.19184/ejeba.v4i1.4563

Mahubessy, V. J. (2019). PENGARUH PENERIMAAN SISTEM PEMBAYARAN E-CASH DENGAN MENGGUNAKAN TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) TERHADAP INTENSITAS TRANSAKSI NON TUNAI Victor. Methomika, 3(2), 160–165.

Marey, D. R. E., & Purwanto, E. (2020). Model Konseptual Minat Penggunaan E-wallet: Technology Acceptance Model (TAM). Technology Adoption: A Conceptual Framework, December 2019, 31–50.

Prasastika, K., Winarno, W. A., & Kartika. (2015). Pengujian Teori Technology Acceptance Model ( TAM ) Untuk Memprediksi Penerimaan Sistem Pendaftaran Online BPJS Kesehatan Cabang Jember ( Theory Test Technology Acceptance Model ( TAM ) Revenue System For Predicting The Health Branch Registration Online B. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–8.

Rutter, D. R. (1989). The theory of reasoned action of Fishbein and Ajzen : A test of Towriss ’ s amended procedure for measuring beliefs. British Journal of Social Psychology, 28, 39–46.

Saputra, D., & Gürbüz, B. (2020). Implementation of Technology Acceptance Model (TAM) and Importance Performance Analysis (IPA) in Testing the Ease and Usability of E-wallet Applications. Bina Sarana Informatika University, 1, 71–75.

Venkatesh, V., & Morris, M. G. (2000). Why don’t men stop asking for directions? Gender , Social Influence and their role in society. MIS Quarterly, 24(1), 115–139.

Wintarsih, E., Cahyadi, R., Irfandi, Z., Nazri, M., Shihab, M. R., & Budi, N. F. A. (2019). Reducing Interbank Money Transfer Cost for Personal and Small Businesses using Rational Consumer Behavior Analysis: Case Study of Flip.id. Proceedings of 2019 International Conference on Information Management and Technology, ICIMTech 2019, 1(August), 613–617. https://doi.org/10.1109/ICIMTech.2019.8843782

Yuwanda, T., Fadhlan, A., Bundo, M., & Crefioza, O. (2023). Strategi Marketing dalam Optimalisasi Minat Pengunjung Website caribakatmu.com dengan Pendekatan Technology Acceptance Model. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(1), 184–193.




DOI: http://dx.doi.org/10.15548/al-masraf.v8i1.614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  

View My Stats