PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PEGADAIAN SYARIAH DI KOTA PEKANBARU

WIRDAYANI WAHAB

Abstract


The theme of the article is the banks and financial institutions. The study aims to determine the effect of service quality on customer satisfaction, and to know the difference. The study was conducted in the city of Pekanbaru. The sample was 100 respondents. The analytical method used is multiple linear regression analysis. The results showed: The quality of service has a positive effect on customer satisfaction.

Keywords


Customer Satisfaction, Islamic Pawnshop, Service Quality

References


Andespa, Roni. (2016). Strategi Industri Perbankan di Sumatera Barat: Pemilihan Segmentasi Pasar untuk Menciptakan Pelayanan yang Memuaskan, Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 1 (1): 47-62.

Andespa, Roni. (2016). Studi Perbandingan Kualitas Pelayanan Industri Perbankan Syariah dengan Konvensional, Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, 1 (1): 77-92.

Andespa, Roni. (2016). Meningkatkan Pertumbuhan Nasabah Bank Syariah: Mendukung Pembiayaan Promosi, Pendidikan dan Pelatihan, Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 1 (2): 171-188.

Andespa, Roni. (2016). Strategi Pelayanan Bank Konvensional dan Syariah: Prioritas Pelayanan Fisik dan Empati dalam Memenuhi Kepuasan, Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, 1 (2): 143-159.

Andespa, Roni. (2013). Menciptakan Nilai Untuk Nasabah dengan Strategi Customer Relationship Marketing, Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 4 (1): 69-79.

Andespa, Roni. (2011). Orientasi Pasar Jasa Perbankan, Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 2 (1): 22-32.

Engel, F. James, Blackwell, D. Roger, Miniard, W. Paul. (1994). Perilaku Konsumen. Jakarta: Banipura Aksara.

Indriantoro, Nur, dan Bambamg Supomo. (1999). Metode Penelitian Bisnis Untuk akuntan dan manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran jasa Teori dan Praktik. Depok: Salemba Empat.

Manik, S. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemberian Kompensasi Pada Karyawan Bank, Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, 1 (2): 229-244.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (1997). Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, Husain. (2000). Riset Penelitian dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Utama.

Yamit, Z. (2005). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Penerbit Ekonomi FE, UII.

Husein, Umar, 2002, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wahab, Wirdayani. (2016). Pengaruh Tingkat Bagi Hasil Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 1 (2): 167-184.




DOI: http://dx.doi.org/10.15548/al-masraf.v2i1.89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

  

View My Stats