PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP TAKAFUL DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN SESEORANG DALAM BERASURANSI SYARIAH

MAISYA PRATIWI, WUSHI ADILLA ARSYI

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap asuransi syariah (Takaful) serta faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang dalam menggunakan asuransi syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif untuk mengetahui persepsi masyarakat terkait asuransi syariah dan metode kuantitatif untuk menentukan faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang dalam menggunakan asuransi syariah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar masyarakat masih kurang memahami dan mengetahui tentang asuransi syariah. Selain itu, sebagian besar responden yang menjawab telah memiliki asuransi, menyatakan bahwa mereka lebih banyak memiliki asuransi konvensional dibandingkan asuransi syariah. Meskipun Demikian, kemungkinan asuransi syariah akan berkembang lebih pesat dapat diprediksi di masa depan, karena sebagian besar responden lebih memilih menggunakan asuransi syariah di masa yang akan datang. Selain itu, semakin besar pengetahuan, pemahaman konsep keuangan syariah, sikap yang positif terhadap asuransi syariah, keyakinan seseorang terhadap asuransi syariah, dan memiliki kemampuan ekonomis dalam berasuransi  dapat meningkatkan keputusan seseorang dalam memilih asuransi syariah.

Keywords


Asuransi Syariah, Takaful

References


Anshori, A. G. (2007). Asuransi Syariah di Indonesia: Regulasi dan operasionalisasinya di dalam kerangka hukum positif di Indonesia. Yogyakarta: UII Press.

Choudhury, Masudul Alam. (1983). Insurance and Investment in Islamic Perspective. International Journal of Social Economics. Vol. 10 No.5 Pp. 14 – 26.

Daniar, Agus. (2012). Persepsi dan Motif menjadi nasabah Bank Konvesional bagi nasabah Muslim. Bandung : Universitas Padjajaran.

Husin, Md M., Rahman, Ab A. (2016). Do Muslims Intend to Participate in Islamic Insurance?: Analysis from Theory of Planned Behavior. Journal of Islamic Accounting and Business Research. Vol. 7 No. 1 Pp. 42-58.

Kurniatha, Alvernia. (2007). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Seseorang dalam Berasuransi dan Peluangnya untuk Memilih Asuransi Syariah. Thesis: Universitas Indonesia.

Islam, Jamid Ul., Rahma, Zillur. (2017). Awareness and Willingness towards Islamic Banking among Muslims: An Indian Perspective. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, Vol. 10 No.1 Pp.92-101.

Laroche, Michel., Kim, Chankon., Zhou, Lianxi. (1996). Brand Familiarity and Confidence as Determinants of Purchase Intention: An Empirical Test in a Multiple Brand Context. Journal of Business Research. Vol. 37 Pp.115-120.

Julesz, Bela. (1971). Foundations of cyclopean perception. Oxford, England: U. Chicago Press Foundations of cyclopean perception.

Pratama, Yudha Esa. (2012). Hubungan Persepsi atas Bagi Hasil Pembiayaan Mudharabah Musytarakah terhadap Minat menjadi Peserta Asuransi Syariah.

Renninger, K. A. (1992). Individual interest and development: Implications for theory and practice. The Role of Interest in Learning and Development.

Summers, Teresa A., Belleau, Bonnie D., Xu, Yingjiao. (2006). Predicting Purchase Intention of a Controversial Luxury Apparel Product. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal. Vol. 10 No. 4 Pp. 405 – 419

Wahab, Abdul Rahim A., Lewis, Mervyn K., dan Hassan, M. Kabir. (2007). Islamic Takaful: Business Models, Shariah Concerns, and Proposed Solutions. Thunderbird International Business Review. Vol. 49 No. 3 Pp. 371–396.

_____Laporan Perkembangan Keuangan Syariah 2015 Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

http://economy.okezone.com/read/2017/01/13/320/1590497/ojk-berambisi-jadikan-indonesia-pusat-ekonomi-syariah-dunia diakses 9 Maret 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.15548/maqdis.v6i2.241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

View My Stats