AKSELERASI TRANSFORMASI DIGITAL PT BPR ANDALAS BARUH BUKIT : PELUANG, TANTANGAN DAN STRATEGI

Faznil Husna S. Rasyad, Rahmat Kurnia, Yulia Febriani, Romy Yunika Putra

Abstract


Dari total keseluruhan BPR yang ada di Kabupaten Tanah Datar, PT BPR Andalas Baruh Bukit merupakan BPR yang sudah mencoba untuk menggunakan digital banking, yang mana BPR tersebut sudah melakukan proses digitalisasi dalam bentuk penerimaan tabungan nasabah. Berdasarkan wawancara yang dilakukan bahwasanya masih banyaknya kendala dan resiko yang akan terjadi ketika BPR mencoba untuk transformasi ke digital banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peluang, tantangan dan strategi untuk transformasi digital pada PT BPR Andalas Baruh Bukit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur dengan pihak PT BPR Andalas Baruh Bukit. Analisis data menggunakan analisis SWOT. Terlebih dahulu dilakukan klasifikasi faktor-faktor internal yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan, kemudian klasifikasi faktor-faktor eksternal yang terdiri dari peluang dan tantangan. Selanjutnya faktor-faktor tersebut digambarkan dalam  matriks IFAS dan EFAS dengan memberikan bobot dan rating. Hasil penilaian matriks IFAS dan EFAS akan digunakan untuk memformulasikan strategi yang ditentukan dengan menggunakan diagram SWOT. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa PT BPR Andalas Baruh Bukit menggunakan strategi agresif untuk transformasi digital. PT BPR Andalas Baruh Bukit dapat melakukan strategi seperti menambah layanan digital yang dapat diakses oleh nasabah, menyediakan dana untuk pengembangan IT, menyiapkan SDM di bidang IT dan mengembangkan kemampuan SDM yang sudah ada di bidang IT, dan  menjalin kerjasama dengan perusahaan fintech.

Keywords


akselerasi transformasi digital, analisis SWOT, BPR

References


Amir, M. T. (2011). Manajemen Strategik. Jakarta: Rajawali Press.

Assauri, S. (2013). Strategic Managament: Sustainable Competitive Adventages. Jakarta: Rajawali Pres.

Elyarni, R., & Hermanto. (2016). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP. Jurnal Metris ISSN: 1411-3287.

Fahmi, I. (2011). Manajemen Resiko. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, I. (2013). Manajemen Pengambilan Keputusan. Bandung: Alfabeta.

Febriani, Y. (2022, Agustus Jumat). Pelaksanaan Digital Banking . (R. Kurnia, Interviewer)

Hasan, MA, Nurul Ichsan. 2014. Pengantar Perbankan. Jakarta: Gaung Persada Press Group.

Hutauruk, Dina Marayanti. 2022. “Sejumlah BPR Mulai Lakukan Transformasi Digital”. Diakses dari https://keuangan.kontan.co.id/news/sejumlah-bpr-mulai-lakukan-tranformasi-digital pada tanggal 15 Agustus 2022.

IDalamat.com. “PT. BPR Andalas Baruh Bukit - Tanah Datar, Sumatera Barat. Diakses dari https://idalamat.com/alamat/344961/pt-bpr-andalas-baruh-bukit-tanah-datar-sumatera-barat pada tanggal 15 Agustus 2022.

Jurnal Sumbar. 2017. “Predikat “Sangat Bagus”, BPR Andalas Baruh Bukit Tanah Datar Kembali Raih “BPR Award” dari Majalah Infobank”. Diakses dari https://jurnalsumbar.com/2017/08/predikat-sangat-bagus-bpr-andalas-baruh-bukit-tanah-datar-kembali-raih-bpr-award-dari-majalah-infobank/ pada tanggal 15 Agustus 2022.

Keuangan, O. J. (2021). RoadMap Pengembangan Perbankan Indonesia Bagi industri BPR dan BPRS 2021-2025. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Rangkuti, Freddy, 2008,Analisa SWOT Teknik Membedah kasus Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Salam, A. (2018). Inklusi Keuangan Perbankan Syariah Berbasis Digital-Banking: Optimalisasi dan Tantangan. Al-Amwal, Volume 10, No. 1, 64.

Sanusi. 2022. “WEF 2022 Bahas Ekonomi Digital, Dominasi Asean Dinilai Semakin Besar, Indonesia Harus Siap”. Diakses dari https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/29/wef-2022-bahas-ekonomi-digital-dominasi-asean-dinilai-semakin-besar-indonesia-harus-siap?page=2 pada tanggal 15 Agustus 2022.

Setiyaningsih, Iit. 2022. “Asbisindo: 97 BPR Syariah Sudah Mengadopsi Digital”. Diakses https://www.republika.co.id/berita/rf2j1z457/asbisindo-97-bpr-syariah-sudah-mengadopsi-digital pada tanggal 15 Agustus 2022.

Siagian, S. P. (2000). Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara.

Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian.Yogyakarta:Literari Media Publishing.

Srinadi, N. L. (2016). Analisis SWOT Sebagai Dasar Menentukan Strategi Pemasaran Kompetitif (Studi Kasus: Usaha Jasa Dekorasi X). Jurnal ISSN: 2089-9815.

Sunaryo, P. A. (2011). Kewirausahaan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Udaya, J., Wennadi, L. Y., & Lembana, D. A. (2013). Manajemen Srtatejik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Vanessa, V. (2022). Pengaruh Akselerasi Transformasi Digital Sebagai Bagaian dari Ultimate Service Terhadap Kepuasan Nasabah BSI Area Pekanbaru. Riau: UIN Suska Riau.

Walfajri, Maizal. 2022. “Transaksi Digital Banking Diperkirakan Capai Rp 49.733 Triliun pada 2022”. Diakses dari https://money.kompas.com/read/2022/01/20/193400226/transaksi-digital-banking-diperkirakan-capai-rp-49.733-triliun-pada-2022?page=all pada tanggal 15 Agustus 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.15548/maqdis.v7i2.270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

View My Stats