ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DALAM UPAYA PENGENDALIAN INTERNAL PADA ONLINE SHOP

SANDRA AYU, MAISYA PRATIWI

Abstract


Sistem informasi akuntansi penggajian atau pengupahan merupakan salah satu sistem akuntansi yang penting dalam suatu bisnis. Sistem ini membantu dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan penggajian atau pengupahan karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi akuntansi penggajian atau pengupahan pada online shop dan mengetahui apakah sistem penggajian yang ada mendukung upaya pengendalian internal bisnis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Objek penelitian adalah tiga online shop yang cukup bekembang yaitu Cirebonserbaada, Irasti Store, dan EFMS. Hasilnya yaitu menunjukkan sistem informasi akuntansi penggajian atau pengupahan pada online shop belum mendukung upaya pengendalian internal. Hal ini terlihat dari belum adanya pemisahan dan pembagian tugas serta tanggung jawab dalam struktur organisasi, praktik yang kurang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap unit organisasi, dan karyawan yang belum sesuai mutu dan tanggung jawabnya.

Keywords


sistem informasi akuntansi penggajian atau pengupahan, sistem pengendalian internal

References


Anggraeni, Elisabet Yunaeti. 2017. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Desi, Trijayanti dan Wahyu Pramesti. 2019. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian pada CV. ABC Jawa Tengah. Journal of Accounting Science, Vol. 3 Issue. 2, h. 73—78.

Desmawati. 2015. Analisis Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan pada PT. Sumber Jaya Indahnusa Coy Kebun Kota Tengah . Rokan Hulu (2015), h.4.

Diana, Anastasia & Lilis Setiawati. 2011. Sistem Informasi Akuntansi, Perancangan, Proses dan Penerapan. Edisi I. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Fazi, Rizki Ahmad. 2017. Sistem Informasi Akuntansi (Berbasis Akuntansi). Yogyakarta: Deepublish. Cet. Ke-1.

Hidayat, Mohammad Taufik, dkk. 2013. Analisis Penerapan Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan dalam Mendukung Pengendalian Intern (Studi kasus pada PT. Cahaya Marta Perkasa). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 6 No.2, h. 1-8.

Husniyah, Aminatul, dkk., 2015. Analisis Pengendalian Internal pada Sistem Penggajian Karyawan (studi pada Rsud Dr. H. Moh. Anwar Sumenep. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.28 No.2, (2015) h.4.

Langi, Brenda, dkk., 2019. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dan Pengupahan dalam Upaya Pengendalian Internal pada PT Gemilang Emas Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern Vol. 14 No. 1, h.148-153.

Laudon, Kenneth C. & Laudon, Jane P. 2014. Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. Edisi 13. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Machpudin, E. 2008. Peranan Sistem Akuntansi Penggajian dalam Mengefektifan Sistem Pengendalian Intern Gaji dan Upah pada PT. X Bandung. Jurnal Computech & Bisnis, Vol.2 No.2, h.119-131.

Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Natalia, Bela. 2020. Analisa Sistem Informasi Akuntansi untuk Meningkatkan Efektifitas Pengendalian Internal pada PT Gamma Utama Sejati. Prosiding Biema Vol. 1, h.171-178.

Romney, Marshall B. dan Paul John Steinbart. 2005. Accounting Information System, 9th Edition. Jakarta: Salemba Empat.

Septianis, Rika, dkk. 2018. Analisis Sistem Penggajian dalam rangka mengefektifan pengendalian internal pada PT. Freight Express Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, jilid 8, h.53-58.




DOI: http://dx.doi.org/10.15548/maqdis.v6i2.377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

View My Stats