GOVERNANCE OF TARUSAN KAMANG MAGIC POND AS A HALAL DESTINATION IN AGAM DISTRICT

RAHMAN HIDAYU, ERWIN ERWIN, AFRIZAL AFRIZAL

Abstract


The Tarusan Kamang Magical Lake is a future tourist attraction that has the potential to implement halal tourism. This study aims to see whether there is conformity in the arrangement of tourist objects with the principles of halal tourism. The method used is field research, where the researcher directly observes the research object. The study results show that the Tarusan Kamang Magic Lake fulfills seven out of fifteen indicators of halal tourism. The improvements that can be made include: 1) The local government is managing tourist objects so that they can build halal restaurants with polite-looking servers by Islamic ethics; 2) Building a prayer room to make it easier for tourists to worship, 3) Providing halal tourism education to the public or tourism managers to improve Islamic ethics and be able to separate tour guides based on gender; 4) Holding Islamic festivals such as breaking the fast together in the month of Ramadan and involving tourists in these activities.

Keywords


Halal tourism, magical lake, tarusan kamang

Full Text:

PDF

References


Adinugraha, H. H., Sartika, M., & Kadarningsih, A. (2018). Desa Wisata Halal: Konsep Dan Implementasinya Di Indonesia. Jurnal Human Falah, 5(1), 28–48.

Abbas, Salim. 2000. Manajemen Transportasi. Cetakan Pertama. Edisi Kedua. Jakarta : Ghalia Indonesia

Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif : Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta : Rajawali Pers.

Agoes, Sukrisno dan I Cenik Ardana. 2009. Etika Bisnis dan Profesi. Jakarta: Salemba Empat.

Bustamam, N., & Suryani, S. (2021). Potensi Pengembangan Pariwisata Halal dan dampaknya Terhadap Pembangunan Ekonomi Daerah Provinsi Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(2), 146–162. https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/view/8839

Cooper et al. 2005. Tourism: Principle and Practice. Pearson Education, London

Damanik, Janianton, 2012. Manajemen destinasi pariwisata : sebuah pengantar ringkas. Yogyakarta: Kepel Press.

Djamali, Radjab dan Deisy Andih. 2021. Persepsi Wisatawan Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Objek Wisata Danau Linow Di Kota Tomohon. Jurnal Polimdo.

Fadhlan, Abdi., Tonny Yuwanda dan Sitti Rizki Mulyani. 2022. Kepemimpinan Digital, Manajemen Inovasi dan Daya Saing di Era Revolusi Industri 4.0 : Peran Mediasi dari Quality Management. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan. Volume 18 Issue 02

Febrianti, 2013. Menikmati Danau Bermuka Dua. https://travel.tempo.co/read/465103/menikmati-danau-bermuka-dua. [diakses 10 Juni 2020]

Ferdiansyah, Hendri,. Cipta Endyana,. Heryadi Rachmat dan Ute Lies Siti Khadijah. 2020 Pengembangan Pariwisata Halal di Indonesia Melalui Konsep Smart Tourism. Tornare - Journal of Sustainable Tourism Research. Volume 2 Issue 1

Griffin, Jill. 2003. Costumer Loyality. Jakarta. Erlangga.

Hartanti, Novi (2019) Analisis Pengaruh Pengalaman Wisatawan, Pandangan Wisata dan Kepuasan Menyeluruh Wisatawan Terhadap Keinginan Wisatawan untuk Berkunjung Kembali di Kota Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam

Haryana, I Kadek dan I Gst. Agung Oka Mahagangga. 2015. Persepsi Masyarakat terhadap Pengembangan Kawasan Goa Peteng Sebagai Daya Tarik Wisata di Desa Jimbaran Kuta Selatan Kabupaten Bandung. Jurnal Destinasi Pariwisata Vol. 3 No.1.

Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung. Alfabeta.

Janet dan Andrea. 2012. Community Based Tourism and Lokal Culture: The Case of The amapondo. Vol. X, No. 1. South Africa: North-West University and Walter Sisulu University

Junaid, Ilham dan Muh. Arfin M. Salim (2019). Peran Organisasi Tata Kelola Dalam Pengelolaan Desa Wisata Nglanggeran, Yogyakarta. Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, Volume 1, No.1. Politeknik Pariwisata Makassar

Kartasasmita, G.1996. Pembangunan untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Jakarta : CIDES.

Kodhyat, H. 1998. Sejarah Pariwisata Dan Perkembangannya Di Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Kodoatie, Robert J, 2005, Pengantar Manajemen Infrastruktur, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kotler,Philip.1997, Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Jakarta: Prentice Hall.

Kotler, Philip. 2005. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Kusumawati, Andriani. 2011. Analisis Pengaruh Experiental Marketing terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran Modern Vol. 3.

Laksono, Akhsanul Ni’am dan Mussadun. 2014. Dampak Aktivitas Ekowisata di Pulau karimunjawa Berdasarkan Persepsi Masyarakat. Jurnal Teknik PWK Volume 3 Nomor 2.

Lutpi, Hakkiatul. 2016. Analisis Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata Pantai Di Kecamatan Jerowaru. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Mar’at. 1981. Sikap Manusia, Perubahan serta Pengukurannya. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Mardikanto, Totok, 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.467 Hal.

Marpaung, Happy dan Bahar. 2000. Pengantar Pariwisata. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Moleong, Lexsi J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : Remaja Roesda.

Muhaimin, Hikmah. 2019. Tata Kelola Pariwisata dalam Pengembangan Potensi Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Journal of Governance Innovation Volume 1, Number 1, (P-ISSN 2656-6273) (E-ISSN 2657-1714)

Muharam, Wifky dan Euis Soliha. 2017. Kualitas Produk, Citra Merek. Persepsi Harha dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Universitas Stikubank. Semarang

Muntasib, E.K.S.H. (2009). Tata kelola pariwisata alam di Indonesia. Seminar Kebijakan, Tantangan dan Peluang Pariwisata Alam di Indonesia. Asosiasi Pariwisata Alam Indonesia (APAI).

http://ejournal.forda-mof.org/LATIHAN/index.php/JPSE/article/view/977/0

[Diakses Minggu, 31 Agustus 2019]

Nailie Azzat, ST, Noor. 2018. Analis Perencanaan Pengembangan Kawasan pariwisata Karimunjawa yang Berkelanjutan (Sustainability Tourism)(Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara. [Tesis] Program Magister Teknologi Industri, Pascasarjana Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Nawawi, Hadari. 1991. Metode Penelitian Sosial. Gajah Mada Press. Yogyakarta.

Noviarita, H., Kurniawan, M., & Nurmalia, G. (2021). Analisis Halal Tourism dalam Meningkatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Lampung. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 302. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1574

Osmet. 2014. Pariwisata untuk Perekonomian Nagari. Harian Singgalang, Padang.

Palesangi, Muliadi dan Fernando Mulia. 2014. Identifikasi Model Bisnis Perusahaan Sosial : Studi Kasus Komunitas Hong, Greenaration Indonesia dan Asgar Muda. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan. 36 hal.

Putri, Hemas Prabawati Jakti dan Asnawi Manaf. 2013. Faktor – Faktor Keberhasilan Pengembangan Desa Wisata Di Dataran Tinggi Dieng. Jurnal Teknik PWK Volume 2 Nomor 3 2013.

Punderswan, Pupung. 2017. Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Bidang Kesehatan terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Publik. ISSN :1412-2083.

Putri, Yulia Larasati dan Hardi Utomo. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal STIEAMA

Putri, Hemas Prabawati Jakti dan Asnawi Manaf. 2017. Faktor-faktor Keberhasilan Pengembangan Desa Wisata di Dataran Tinggi Dieng, https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/pwk/article/view/2890

[Diakses Rabu, 25 September 2019]

Rahmi, A. N. (2020). Perkembangan Pariwisata Halal Dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 11(1), 1–22. https://doi.org/10.32678/ijei.v11i1.226

Riyadi dan Deddy Supriyadi Bratakusumah. 2005. Perencanaan Pembangunan Daerah. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Santoso, Heri, dkk. Peranan Dan Kebutuhan Pemangku Kepentingan Dalam Tata Kelola Pariwisata Di Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara(The Role and Requirement of Stakeholders in Tourism Governance in Bunaken National Park, North Sulawesi). Jurnal Penelitian Sosial Ekonomi Kehutanan dan Vol. 12 No. 3 Desember 2015, Hal. 197-211. Bogor, Jakarta.

Sapardi. 2020. Analisis Dampak Pengelolaan Wisata Minat Khusus Terhadap Ekonomi Dan Sosial Budaya Masyarakat Nagari Air Batumbuk Kabupaten Solok (Studi Kasus Objek Pendakian Gunung Talang Melalui Jalur Air Batumbuk). Tesis. Universitas Andalas.

Sari, Nurvica. 2019. Pengaruh Harga terhadap Persepsi Kualitas Produk. Jurnal Psikologi Kognisi 2.113-121.

Salman Nasution. (2021). Konsep Pariwisata Halal Berbasis Ekonomi Kreatif Dengan Sharia Regulation dalam Meningkatan Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat di Sumatera Utara. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 8(September), 22–47. file:///C:/Users/acer/Downloads/8431-19250-1-PB.pdf

Santoso, E. B., Rahmadanita, A., Rahmaniazar, L., Hidayat, E., & Alyani, N. (2021). Pengembangan Wisata Halal Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 47(2), 195–208. https://doi.org/10.33701/jipwp.v47i2.2231

Satriana, E. D., & Faridah, H. D. (2018). Halal Tourism: Development, Chance and Challenge. Journal of Halal Product and Research, 1(2), 32. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.1-issue.2.32-43

Sayekti, N. W. (2019). Strategi Pengembangan Pariwisata Halal di Indonesia. Kajian, 24(3), 159–171. https://studipariwisata.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). CV. Alvabeta.

Siagian P, Sondang. 2000. Administrasi pembangunan konsep, dimensi, dan strateginya. Jakarta : Bumi Aksara.

Spillane , James Joseph. 1994. Pariwisata Indonesia. Kanisius. Yogyakarta.

Sunarjaya, I Gede, Made Antara dan Dewa Putu Oka Prasiasa. 2018. Kendala Pengembangan Desa Wisata Munggu, Kecamatan Mengwi, Bandung. JUMPA Volume 4 Nomor 2, Januari 2018 Hal 216, Universitas Udayana, STIMI Handayani Denpasar.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono.2016. Metode penelitian.Bandung : Alfabeta.

Suwanda, Hary. 2009. Rahasia Bebas Finansial dengan Berinvestasi di Pasar Modal. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Syahyuti. 2006. Tiga Puluh Konsep Penting Pembangunan Pedesaan dan Pertanian. PT Bina Rena Pariwara, Jakarta.

Talahatu, Imelda. 2013. Bauran Pemasaran Jasa, Pengaruhnya pada Loyalitas Nasabah pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Ambon. Jurnal Ekonomi Vol. VII. No. I.

Tjiptono, Fandy. 2001.Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran.Yogyakarta: Andi.

Toha. M. 2003. Perilaku Oganisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trihayuningtyas, Endah. 2018 Rencana Tata Kelola Destinasi Pariwisata Kawasan Pulau Camba-Cambang dan Sekitarnya di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure. Vol. 15, No. 1

Tsiotsou, Rodoula. 2006. The role of perceived product quality and overall satisfaction on purchase intentions. International Journal of Consumer Studies, Vol 30 No 2, March 2006. Pg 207-217

Ulfah, Irma Fitriana, Andi Setiawan dan Alfiyatur Rahmawati. 2017. Pembangunan Desa Berbasis Potensi Lokal Agrowisata di Desa Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Politik Indonesia: Indonesian Political Science Review 46-64. Universitas Brawijaya, Indonesia

Umar Husein. (2014). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis.Edisi-2. Cetakan ke-13.Jakarta : Rajawali Pers.

Uphoff and Esman. (1984). Local Organizations: intermediaries in rural development. London: Cornel University Press.

Usman, V., dan Sobari. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Ekonomi, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Walgito, Bimo. (1994). Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Wijaya, Anak Agusng Gede. 2014. Strategi Pengembangan Objek Wisata Desa Tenganan Pegringsingan Kabupaten Karangasem. Jurnal Ilmiah Hospital Management. Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional.

Wisnawa, I Made Bayu, I Ketut Sutapa dan Putu Agus Prayogi. 2020. Persepsi Wisatawan Bali Terhadap Sapta Pesona, Sustainability Dan Kepuasan Berwisata Di Thailand. Jurnal Perhotelan dan Pariwisata Vol 10 No 1.

Yoeti, Oka. 1993. Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit Angkasa. Bandung.

Yuriansyah, Auli Lucky. 2013. Persepsi tentang Kualitas Pelayanan, NIlai Produk dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan. Universitas Negeri Semarang. Management Analysis Journal.




DOI: http://dx.doi.org/10.15548/maqdis.v7i2.405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

View My Stats