ANALISIS SWOT TERHADAP OBJEK WISATA PANTAI NATAL MENUJU WISATA HALAL DI KECAMATAN NATAL

NOVIA INDRIANI, HALIZAH HALIZAH, FAZNIL HUSNA S RASYAD

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Objek Wisata Pantai Natal yang merupakan salah satu objek wisata di Kecamatan Natal yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Namun, objek wisata Pantai Natal memiliki tantangan yang besar sehingga dibutuhkan strategi-strategi agar wisata Pantai Natal dapat berkembang sebagai wisata halal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan untuk pengembangan objek wisata Pantai Natal menuju Wisata Halal di Kecamatan Natal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan Analisis SWOT (Strentgth, Weaakness, Opportunity, Threat). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa objek wisata Pantai Natal memiliki lingkungan internal yang lebih dominan pada kekuatan dibandingkan kelemahan, sedangkan untuk lingkungan eksternal objek wisata Pantai Natal memiliki tantangan yang besar. Oleh sebab itu, diperlukan strategi-strategi yang dapat memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada untuk meminimalisir kelemahan dan tantangan yang besar. Strategi yang diperlukan adalah peningkatan atraksi, aksesibilitas dan amenitas, serta pengelolaan yang serius dengan kerja sama dengan pihak-pihak yang terkait guna mengembangkan objek wisata Pantai Natal menuju Wisata Halal di Kecamatan Natal.

Keywords


Analisis SWOT, Wisata Halal, Strategi

References


Abrori, Faizul. 2020. Pariwisata Halal dan Peningkatan Kesejahteraan. Malang: Literasi Nusantara.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mandailing Natal. 2022. Mandailing Natal Dalam Angka, (Panyabungan: Statistics of Mandailing Natal Regency In Figures).

Fatwa DSN-MUI No: 108/DSN-MUI/X/2016 tentang “Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah”.

Husni Iskandar, Pengelola Objek Wisata Pantai Natal, Wawancara, Natal, 29 November 2021.

Laporan Dinas Pariwisata Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2022.

Nuraini, Fajar Df. 2016. Teknik Analisis SWOT. Yogyakarta: Quadrant.

Padang, Cahaya. 2020. 7 Pesona Pantai Natal yang Memukau, Maldives pun Kalah. https://www.idntimes.com/travel/destination/cahaya/7-pesona-pantai-di-mandailing-natal-yang-memukau-c1c2/7 diakses pada 24 Januari 2022, jam 21.35 WIB.

Rahayu, Ari Budi P. Pentingnya Membangun Pendidikan Karakter dalam Jual Beli Online yang sesuai dengan Sains Islam. Jurnal Kajian Pandidikan Sains,Vol. IV No.01, April 2018.

Rimet. 2019. Strategi Pengembangan Wisata Syariah DI Sumatera Barat: ANALISIS SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threath). SYARIKAT. Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, Volume 2 No. 1, Juni 2019.

Sandu, Siyoto. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literari Media Publishing.

Waras, Nidya Sayekti. 2019. Strategi Pengembangan Pariwiata Halal di Indonesia Halal Tourism Development Strategy In Indonesia. Jurnal. Kajian Vol. 24 No. 3. September 2019 hal. 159 – 171.

Yulianda, Ferdinan dan Agus Shaleh A. 2019. Daya Dukung dan Rencana Pengelolaan Ekowisata kawasan Konservasi Laut Model Kasus Taman Nasional Kepulauan Seribu. Bogor: PT. IPB Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.15548/maqdis.v7i1.460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

View My Stats