STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PUNCAK KOTO PANJANG SEBAGAI WISATA HALAL DI KABUPATEN PASAMAN

RANGGA WISANGGARA, AINAN SYOFYAN

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Objek Wisata Puncak Koto Panjang yang merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Pasaman yang memiliki potensi untuk dikembangkan namun memiliki tantangan yang besar sehingga dibutuhkan strategi-strategi agar wisata Puncak Koto Panjang dapat berkembang sebagai wisata halal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan objek wisata Puncak Koto Panjang sebagai Wisata Halal di Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Kualitatif deskriptif, menggunakan Analisis. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dan kemudian di analisa dapat disimpulkan bahwa objek wisata Puncak Koto Panjang memiliki lingkungan internal yang lebih dominan kekuatan dibandingkan kelemahan sedangkan untuk lingkungan eksternal objek wisata Puncak Koto Panjang memiliki tantangan yang besar untuk itu diperlukan strategi-strategi yang memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada untuk meminimalisir kelemahan dan tantangan yang besar.

Keywords


Wisata Halal, Manajemen Strategi, Analisis SWOT

References


Cooper, Chris. 1995. Tourism: Principles &Practise.England: Longman Group Limited.

Fatwa DSN-MUI No: 108/DSN-MUI/X/2016 tentang “Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata

Berdasarkan Prinsip Syariah”.

Jauch Lawrence R. & Glueck William F. (1989). Manajemen Dan Strategis Kebijakan Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Masruroh, Rina dan Neni Nurhayati. “Strategi Pengembangan Pariwisata dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kanupaten Kuningan“. EJournal POLTEKTEGAL. Vol.1 No.1.

Monitorir, Rodame Napitupulu. (2019). “Pengembangan Model Bisnis Wisata Halal Aek Sabaon Dengan Pendekatan Model Bisnis Kanvas”. Jurnal Iqtisaduna Vol. 5, No 2, (hal. 203).

Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, Freddy. 2018. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Salim, M. Afif dan Siswanto, Agus B. (2019). “Analisis SWOT dengan Metode Kuesioner”. Jawa Tengah: CV. Pilar Nusantara.

Suwantoro, Gamal. 2004. Dasar-dasar Pariwisata. Penerbit Andi Yogyakarta.

Syamsudi, Amir Liza Trisnawati, Luluk Elvitaria. (2021). “Halal Tourism Development Analysis In Siak District”. Indonesian Journal of Intellectual Publication Vol. 1, No 3 ( hal. 213).

Yusni, Faisal Nuralamsyah. (2020). “Wisata Hala Apakah Hanya Sebatas Jorgan Di Indonesia?”. Tulisan Ilmiah Pariwisata, Vol. 3, No. 2 (hal. 85).




DOI: http://dx.doi.org/10.15548/maqdis.v6i2.513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

View My Stats