SIMULASI GRAF FUZZY DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PENJADWALAN TUGAS

Putri Mardiatul Salam, Budi Rudianto, Radhiatul Husna

Abstract


Penjadwalan diperlukan untuk merencanakan aktivitas yang akan dilakukan. Salah satu metode yang digunakan adalah graf fuzzy. Metode ini mempertimbangkan keterbatasan-keterbatasan sumber daya sehingga mempunyai penyelesaian yang fleksibel dalam menentukan jumlah interval waktu dalam penjadwalan. Dalam penelitian ini, ditemukan waktu total minimum penyelesaian 20 tugas pada satu mesin setara dengan menemukan jumlah kromatik fuzzy. Konsep menemukan jumlah kromatik fuzzy didapatkan dari k-pewarnaan fuzzy pada graf fuzzy atau disebut juga dengan bilangan kromatik berukuran “k”. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah 3-pewarnaan fuzzy yang mengakibatkan terbentuknya 3 jadwal pengerjaan tugas sehingga waktu total minimum penyelesaian 20 tugas adalah 18 jam.

Kata Kunci: Graf fuzzy, bilangan kromatik, k-pewarnaan fuzzy, jumlah kromatik fuzzy


Keywords


Graf fuzzy; bilangan kromatik; k-pewarnaan fuzzy; jumlah kromatik fuzzy

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/map.v3i2.3215
Abstract views : 223 times
PDF : 99 times

References


Abdy, M. 2008. Dasar-Dasar Teori Himpunan Kabur dan Logika Kabur. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Baker, Kennenth R., Trietsch. 2009. Principles of Sequencing and Scheduling. John Wiley and Sons, Inc., America.

Bondy, J.A.U.S.R. Murty. 1976. Graph Theory with Application. Elsevier Science Publishing, New York.

Eslahchi C dan B.N. Onagh. 2006. Vertex Strength of Fuzzy Graphs. International Journal of Engineering and Innovative Technology.

Fuad, Achmad dan Budi Rahadjeng. 2014. Pewarnaan Titik pada Graf Fuzzy. Jurnal Universitas Negeri Surabaya. Vol. 3, no.1.

Hiller, Frederick,S. dan Gerald J.L. 1994. Intoduction to Operations Research. McGrow-Hill Companies, USA.

Mark, Daniel. 2004. Graph Coloring Problems and Their Applications in Scheduling. Department of Computer Science and Information Theory.

Munir, R. 2010. Matematika Diskrit Edisi 3. Informatika Bandung, Bandung.

Narasimhan, S.L., McLeavey, D.W., dan Bilington, P.J. 1995. Production Planning and Inventory Control. Englewood Cliffs, Prentice Hall.

Raich, V., Shweta Rai, dan D.S. Hooda. 2018. Applied Mathematics and Computational Intellegence. Dalam A.M. Gil-Lafuente, J.M. Merigo, B.K Dass, R. Verma (Ed.). Fuzzy Graph with Application to Solve Task Scheduling Problem. Springer International Publishing AG. Vol. 12, pp. (65-73).

Ramlah, Hasmawati, dan A. Lawi. Tanpa tahun. Pengembangan Algoritma Baris untuk Pewarnaan Graf. Diakses 14 Agustus 2021 dari https://docplayer.info/Pengembangan-algoritma-baris-untuk-pewarnaan graf-development-of-sequential-algorithm-for-graph-coloring.html.

Rosenfeld, A. 1975. Fuzzy Graphs. in L.A. Zadeh, K.S. Fu and M. Shimura (eds). Fuzzy Sets and Their Applications. Academic Press, New York, pp. (77–95).

Swaminathan, S. 2012. Fuzzy Graph Application of Job Allocation. International Journal of Engineering and Innovative Technology. Vol. 1, pp. (7-10).

Triyani, Siti R.N., Niken L., Ari W. 2019. Bilangan Kromatik Fuzzy dalam Sistem Penjadwalan Fuzzy. Jurnal Matematika Integratif. Vol. 15, pp. (103-110).

Zadeh L.A. 1965. Fuzzy Sets. Journal of the Information and Control. Vol. 8, pp. (338-

.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commonsis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.