METODE THREE-STEP ITERATION MENGGUNAKAN KONVERGENSI BERORDE ENAM UNTUK MENYELESAIKAN PERSAMAAN NONLINEAR

Herris Elvaningsih

Abstract


Berbagai permasalahan yang terjadi dalam menyelesaikan persamaan nonlinear yang biasanya diselesaikan menggunakan metode iterasi dalam pengaplikasian matematika dalam ruang lingkup pendidikan. Terdapat dua solusi dalam penyelesaian persamaan nonlinear yaitu secara analitik dan numerik. Namun terkadang metode analitik mengalami kesulitan dalam menentukan akar persamaan nonlinear sehingga dibutuhkan solusi dengan menggunakan metode numerik. Salah satunya yaitu modifikasi iterasi pada persamaan nonlinear yang bertujuan untuk mendapatkan orde konvergensi yang lebih tinggi. Penelitian ini menggunakan metode Three-step Iteration atau Iterasi Tiga Langkah yang menggabungkan tiga jenis metode diantaranya Metode Newton, Metode VMN, dan Metode Hasanov. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan simulasi numerik dari lima persamaan nonlinear yaitu Metode Iterasi Tiga Langkah lebih cepat dalam menemukan akar persamaan nonlinear dengan hasil 4 iterasi pada persamaan 1, 3 iterasi pada persamaan 2, 4 iterasi pada persamaan 3, 2 iterasi pada persamaan 4, dan 4 iterasi pada persamaan 5.

Kata Kunci: Iterasi Tiga Langkah, Metode Newton, Metode VMN, Metode Hasanov


Keywords


Iterasi Tiga Langkah; Metode Newton; Metode VMN; Metode Hasanov

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/map.v3i2.3339
Abstract views : 200 times
PDF : 111 times

References


D. Wahyuni and E. Elisawati. 2019. Metode Iterasi Tiga Langkah untuk Menyelesaikan Persamaan NonLinear dengan Menggunakan Matlab. JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), doi: 10.14421/jiska.2019.42-05.

M. N. M.Arif. 2016. Metode Iterasi Tiga Langkah dengan Orde Konvergensi Enam untuk Menyelesaikan Persamaan Nonlinear. Jurnal Sains Matematika dan Statistika, 2(2), pp.74-80

M. N. Muhaijir and A. Aljarizi. 2018. Metode Iterasi Tiga Langkah dengan Konvergensi Orde Enam untuk Menyelesaikan Persamaan Nonlinear. Jurnal Sains Matematika dan Statistika 4, no. 1 (2018): 1-9.

M. I. Wartono. 2016. Metode Iterasi Tiga Langkah dengan Orde Konvergensi Tujuh. In Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri.

D. R. Sisilia Sylviani, Fahmi Candra Permana. 2019. Penggunaan Maple dalam Upaya Peningkatan Minat Siswa SMA dalam Pembelajaran Materi Integral,” Pendidik. Multimed.,

B. Yulistiyanto. 2019. Metode Numerik Aplikasi Untuk Teknik Sipil. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pratamasyari, D.A., Silalahi, B.P. and Guritman, S., 2017. Kombinasi varian metode Newton dan metode Halley untuk menyelesaikan persamaan tak linier. Journal of Mathematics and Its Applications, 16(2), pp.1-12.

Widiastuti, T.T. and Hidayanto, M.N., 2018. Pembelajaran Kalkulus Sma Dengan Menggunakan Software Maple 13. Al-Khidmat, 1(2), pp.89-96.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commonsis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.