PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN DAKON GEOMETRI

Rafki Ahmad Pagamanda

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah terdapat peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan dakon geometri terhadap anak di PAUD Tunas Bangsa Bukittinggi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A PAUD Tunas Bangsa Bukittinggi dengan jumlah 12 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi berupa foto kegiatan anak selama pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I, II, dan III maka dapat disimpulkan bahwa permainan dakon geometri dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok A

Keywords


Bentuk geometri; dakon geometri

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/map.v4i1.4191
Abstract views : 285 times
PDF : 127 times

References


D. P. Puspitasari, M. Kristanto, and I. Khasanah, “PENINGKATAN KREATIVITAS SENI KOLASE MELALUI KEPING GEOMETRI PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL 34 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017,” PAUDIA J. Penelit. dalam Bid. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, 2017.

K. W. Lestari, “Konsep Matematika,” Jakarta Dep. Pendidik. danKebudayaan, Direktorat Jendral Pendidik. Anak Usia Dini Nonform. dan Informal. Direktorat Pembin. Pendidik. Anak Usia Dini, 2011.

K. Khadijah, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Skripsi, 2016.

R. Al Khusna, “Pengaruh Permainan Dakon Geometri Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Tk Sriwijaya Sukarame Bandar Lampung.” UIN Raden Intan Lampung, 2018.

Fadillah, Bermain dan Permainan. Ponorogo: Prenadamedia Group, 2016.

A. Triharso, Permainan Kreatif dan Educatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV. Andi Offse, 2013.

J. R. Atmaja, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Geometri Melalui Permainan Dakon Pada Anak Usia 4-5 Tahun,” J. Pelita PAUD, vol. 1, no. 2, pp. 121–131, 2017.

H. B. Uno, N. Lamatenggo, S. M. A. Koni, and D. Ispurwanti, Menjadi peneliti PTK profesional. Penerbit oleh Bumi Aksara, 2011.

T. D. P. PAUD, Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia DIni. Jakarta: Direktorat Pembinaan PAUD Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.

N. Purwanto, “Prinsip dan teknik evaluasi pengajaran,” Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006.

D. W. Rustiyanti, Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri melalui Permainan Dakon Geometri pada Anak Kelompok A di TK Arum Puspita Triharjo. Yogyakarta: Skripsi UNY, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commonsis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.