MODEL RANTAI MAKANAN ANTARA TANAMAN JAGUNG, HAMA TIKUS, DAN BURUNG HANTU DENGAN PEMASANGAN PERANGKAP TIKUS

Nela Rizka

Abstract


Jagung adalah salah satu komoditas tanaman pangan yang mempunyai peranan penting bagi perekonomian Indonesia. Namun, tercatat bahwa belakangan ini terjadi penurunan produksi tanaman jagung. Komoditas ini mempunyai peran yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Perlu peran dan kerjasama berbagai pihak untuk upaya pengatasan masalah produksi ini. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah pengendalian penyerangan hama tanaman. Salah satu hama yang menyerang jagung adalah hama tikus. Untuk mengatasi serangan hama ini, bisa dilakukan beberapa pengendalian seperti pemakaian racun, perangkap tikus, dan penempatan burung hantu di area perkebunan. Dinamika dari fenomena tersebut, dilakukan penelitian terkait model rantai makanan antara jagung, tikus, dan burung hantu.Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat empat buah titik kesetimbangan yang eksis, yaitu titik kepunahan semua subpopulasi (E_1), titik kepunahan subpopulasi jagung (E_3), titik koeksistensi/ semua subpopulasi (E_4), dan titik kepunahan burung hantu (E_5). Hasil simulasi menunjukkan bahwa sistem stabil menuju E_4, yaitu titik dimana semua subpopulasi eksis, walaupun subpopulasi tikus menurun menuju 0. Sedangkan untuk metode pengontrolan hama tikus yang lebih efektif adalah dengan menggunakan burung hantu.

Keywords


Model; Rantai Makanan; Predator-Prey; Jagung; Tikus; Burung Hantu

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/map.v4i2.4996
Abstract views : 656 times
PDF : 156 times

References


A. A. Sulaiman, I. . Kariyasa, Hoerudin, K. Subagyono, Suwandi, and F. A. Bahar, “Cara Cepat Swasembada Jagung,” 2018.

R. G. Kinastri and I. M. I. Hasmarini, “Analisis Ekspor Jagung di Indonesia dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya,” 2019, [Online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/76995

B. A. Anggaran, A. Pelaksanaan, and S. DPR-RI, “Permasalahan dan Upaya Peningkatan Produktivitas Pertanian,” Jakarta Penerbit Sekr. Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat, 2011.

E. Surya and R. Rubiah, “Kelimpahan Musuh Alami (Predator) Pada Tanaman Jagung Di Desa Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar,” Serambi Saintia J. Sains dan Apl., vol. 4, no. 2, 2016.

S. Toaha, “Analisis Kestabilan Model Logistik Satu Populasi Dengan Tundaan Waktu,” J. Mat. Stat. dan Komputasi, vol. 8, no. 2, pp. 131–138, 2012.

L. Edelstein-Keshet, Mathematical models in biology. SIAM, 2005.

L. J. S. Allen, “An introduction to mathematical biology., 2007,” ISBN, vol. 10, pp. 0–13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commonsis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.