TINGKAT KECANDUAN APLIKASI TIKTOK PADA MAHASISWA MATEMATIKA UIN SUSKA RIAU

Sarbaini Sarbaini, Ilham Dangu Rianjaya

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prediksi tingkat kecanduan penggunaan aplikasi Tiktok pada Mahasiswa Matematika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menggunakan metode C4.5. Metode penelitian yang digunakan adalah survey research dengan pendekatan kuantitatif, adapun subyek penelitiannya yaitu mahasiswa aktif Matematika angkatan 2018-2022 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sebanyak 129 orang. Hasil penelitian diperoleh berupa prediksi kecanduan aplikasi Tiktok menggunakan metode C4. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh persentase kecanduan aplikasi Tiktok pada mahasiswa matematika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau kategori kecanduan dengan aspek yang berpengaruh paling tinggi yaitu manajemen waktu yang mendasari kecanduan penggunaan aplikasi Tiktok pada mahasiswa matematika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Keywords


Tiktok; metode C4.5; kuantitatif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/map.v5i2.6822
Abstract views : 102 times
PDF : 61 times

References


S. D. Chandra, “Perbedaan Kecanduan Media Sosial Tiktok Pada Remaja Pengguna Aktif Dan Pasif,” Ranah Res. J. Multidiscip. Res. Dev., vol. 4, no. 4, pp. 340–346, 2022.

D. Anggraini, M. Nurmayasari, and S. Saripah, “Penggunaan Media Sosial Tik Tok dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SMK Al Khairiyah Bahari Jakarta,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 1, pp. 2239–2244, 2023.

M. Mariati, “Analisis Dampak Media Sosial Tik-Tok Terhadap Rendahnya Hasil Belajar Afektif Siswa,” J. Pendidik. dan Media Pembelajaran, vol. 2, no. 1, pp. 38–44, 2023.

D. A. Kharisma and Z. M. Nawawi, “Pengaruh Aplkasi Tik Tok Shop Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Febi Uinsu),” J. Ilm. Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 3, no. 1, pp. 22–31, 2023.

Y. I. Lestari, “Prediksi Tingkat Kepuasan Pelayanan Online Menggunakan Metode Algoritma C. 45,” J. Inform. Ekon. Bisnis, pp. 148–154, 2021.

F. Sari and D. Saro, “Implementasi algoritma c4. 5 dalam menentukan lokasi prioritas penyuluhan program keluarga berencana di kecamatan dumai timur,” J. Penelit. Pos dan Inform., vol. 8, no. 1, pp. 63–76, 2018.

H. Dhika, F. Destiawati, and A. Fitriansyah, “Implementasi Algoritma C4. 5 Terhadap Kepuasan Pelanggan,” 2016.

S. Sularno and P. Anggraini, “Penerapan Algoritma C4. 5 Untuk Klasifikasi Tingkat Keganasan Hama Pada Tanaman Padi (Studi Kasus: Dinas Pertanian Kabupaten Kerinci),” J. Sains dan Inform. Res. Sci. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 161–170, 2017.

Y. Mardi, “Data Mining: Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4. 5,” J. Edik Inform. Penelit. Bid. Komput. Sains dan Pendidik. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 213–219, 2017.

A. M. Hasibuan, “Penerapan Algoritma C4. 5 Untuk Menentukan Kelayakan Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2021.

S. W. Adiningtiyas, “Peran Guru Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4 (1), 28–40.” 2017.

D. Sugiyono, “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D,” 2013.

P. D. H. M. B. Bungin and S. Sos, Metodologi Penelitian Kuantitatif: Edisi Kedua. Kencana, 2005.

N. Farhana, H. Okprana, and R. K. Sormin, “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Aplikasi Tiktok Shop Dengan Metode Algoritma C4. 5,” Smart EDU Bul. Educ., vol. 1, no. 3, pp. 101–111, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commonsis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.