PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PIDATO MELALUI METODE TIRU MODEL SISWA KELAS VI SDN 03 MANGGILANG

Jasmiati Jasmiati

Abstract


Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada tingkat SD memiliki empat keterampilan (dibaca juga kemampuan), yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Kemampuan menyimak erat kaitannya dengan kemampuan berbicara, sedangkan kemampuan membaca akan erat kaitannya dengan kemampuan menulis. Untuk dapat menulis, siswa perlu banyak membaca. Salah satu dari kemampuan menulis dalam Bahasa Indonesia adalah kemampuan menulis teks pidato. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode tiru model dalam meningkatkan kemampuan menulis teks pidato pada siswa dan bagaimana proses peningkatan kemampuan menulis teks pidato siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK, penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis pidato melalui metode tiru model. Penelitian dilakukan di  kelas VI SDN 03 Manggilng dengan subyek 18 orang.  Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik tiru model  dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks pidato. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai unjuk kerja pada siklus I rata-rata siswa memperoleh 72,53% dan pada siklus II naik menjadi 79,9%.

 


Keywords


Membaca pidato, teknik tiru model, kemampuan menulis pidato



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1598
Abstract views : 381 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1036 times

References


Atmazaki, 2006. ”Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar.”

Damono, Sapardi Djoko. 1983.Sosiologi Sastra, Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta:Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa

Depdiknas, 2003.Pedoman Umum Ejaan Yang Disempurnakan. Bandung: M2S.

------------, 2007 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas

Hidayat, Kosadi. 1994.Evaluasi Pendidikan dan Penerapannya dalam Pengajaran Bahasa Indonesia Bandung: Alfabeta

Madya, Suwarsih. 2006 Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Majid, Abdul. 2007 Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Miles dan Huberman A. Michael. 1992. Analisis Data Kuantitatif. Terjemahan, Jakarta: Universitas Indonesia

Moleong,Lexi.1988. Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Depdikbud Dikti

Sardiman, 2006 Interaksi dan Motivasi Relajar Mengajar. Jakarta Radja Gravindo Persada.

Semi, Atar, 1990. Menulis Efektif Padang : Angkasa Raya.

Suharsimi, Arikunto.1992 Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.