TOTAL QUALITY MANAGEMENT; KONSEP DAN STRATEGI IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN DASAR ISLAM

Aziza Meria

Abstract


Sejalan dengan perkembangan dan semakin variatif kebutuhan maka membutuhkan terhadap tenaga terampil untuk pengeloolaan pemenuhan kebutuhan tersebut. Lahirnya tenaga terampil tersebut tidak lain melalui lembaga pendidikan. Dengan demikian peningkatan kualitas pendidikan juga menjadi tuntutan. Salah satu upaya peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan beralih kepada paradigma baru manajemen pendidikan yakni, implementasi Total Quality Management in Islamic Education. Strategi penerapan yang praktis dan logis memungkinkan konsep ini dapat diadopsi oleh lembaga pendidikan Dasar Islam. Langah strategis penerapannya adalah sebagai berikut; merumuskan tujuan yang konstan untuk perbaikan dalam produk dan layanan, gunakan filosofis baru, berhenti menggunakan pengawasan publik, tingkatkan terus kualitas layanan dan produk, lakukan on the job training, manajemen bertugas memimpin bukan mengawasi, ciptakan iklim kerja yang nyaman, utamakan teamwork,kurangi selogan, nasehat, target dan permintaan untuk peningkatan prokdutivitas baru tanpa adanya arahan, kurangi standarisasi pekerjaan dengan indikator angka numerik, hindari kebiasaan penilaian terhadap prestasi pegawai karena bertentangan dengan prinsip teamwork, lembagakan pendidikan dan pelatihan kepegawai, posisikan setiap orang dalam institusi untuk bekerja dan melaksanakan transformasi. Selanjutnya pengembangan pendidikan islam hapat dilakukan dengan pendekatan bisnis yang bermoral, yaitu pendekatan yang pada intinya membangun dengan kekuatan sendiri yang diajukan untuk kepentingan bersama.

 

 


Keywords


Total Quality Manajemen Dan Pendidikan Dasar Islam



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1599
Abstract views : 192 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 280 times

References


Asnawir, Manajemen Pendidikan, Padang :IAIN IB Press,2005

Arcaro, Jerome, Quality in Education: in Implementation Hadbook, Terjm. Yosa Iriantara, Jakarta: Pustaka Pelajar 2006

Allen, Louis, Manajemen and Organization, New York : Mc Graw Hill Book Company, 1958

Gaspersz, Vincent, “ Penerapan Ttal Quality Management in Education ( TQMIE) pada lembaga pendidikan dasar di Indonesia : suatu upaya untuk memenuhi kebutuhan sistem industri modern”, dalam website http://ww.depdikmas.go.id, data diakses tangal 06 September 2006

Greenwood, Malcolm S., and Helen J. Gaunt, Total Quality Management for School, Inggris, castsel Wiltsher,1994

Karabet Widjayakusuma,Muhammad, Pengantar Syari’ah, Jakarta: Perisai Pustaka Utama,2000

Ismail Yusanto,Muhammad (ed), Pengantar Manajemen Syari’ah, Jakarta : al-Husna,1998

Spanbauer, A Quality System for Education.Wisconsin, ASQC Quality Press,1992

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana, Total Quality MAnagement, Yogyakarta : Andi,2003

Redaksi Sinar Grafika, Undang-undang Sistdiknas 2003,Jakarta: Sinar Grafika,2003

Umaedi, “ Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah” dalam website http://www.pendidikan.net,data diakses 12 September 2005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.