PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KOORDINAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KONKRET LANTAI RUANG KELAS DI SEKOLAH DASAR

Halida Halida

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika di kelas VI SD Negeri 03 Pulau Punjung Dharmasraya.  Diantara penyebabnya adalah penggunaan alat peraga yang belum optimal dan masih monoton. Media yang biasa digunakan adalah gambar yang dibuat di papan tulis, sehingga kurang menarik perhatian peserta didik.  Disamping itu guru juga kurang melibatkan peserta didik  secara aktif dalam pembelajaran matematika. Hal tersebut berdampah kepada rendahnya hasil belajar matematika peserta didik.  Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi kordinat, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media konkret lantai ruang kelas. Hasil analisis data dari siklus I dan II peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mengalami peningkatan. Dimana jumlah peserta didik yang tuntas pada siklus I 12 orang (54,9% meningkat menjadi 20 orang (90,9%) pada siklus II.

 

 


Keywords


matematika, media konkret, dan hasil belajar



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1600
Abstract views : 519 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 663 times

References


Alwis, Fefi Rahmadhani, Nana Sepriyanti, dan Media Roza. 2014. Upaya Meningkatkan Minat, Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III di SD Negeri 30 Cangkeh melalui Media Papan Paku. Jurnal Tarbiyah al-Awlad. Vol. IV Edisi 2 Hal. 472-478

Aningsih. 2013. Pembelajaran Matematika Sesuai Perkembangan Anak (Developmentally Apropriate Practice) di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik.Vol. 1 No. 1

Aningsih. 2012. Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Alam. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 3. No.5

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.BSNP. 2006. Standar Isi: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Heruman, Model Pembelajaran Matematika, Bandung: Gramedia, 2007

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mahyuddin, Ritawati dan Yetti Iriani. Hand Out Mata Kuliah Metodologi Peneli-tian Tindakan Kelas, Padang: UNP, 2008

Muhsetyo Gatot, dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nazifah. 2013. Penggunaan Media Konkret Meningkatkan Aktivitas Matematika Siswa. Tanjung Pura: FKIP.

Pica, I Wayan, A.A.I.N. Marhaeni, dan Rasben Dantes. Pengaruh Penerapan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 5

Suartini, Ni Made, A.A.I.N Marhaeni, dan Nyoman Dantes. 2015. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 5 Bunutan. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 5

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pen-didikan, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011

Yuliana, Dwi Nurul dan Yudi Budiarti. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Konkret terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar Negeri Babelan Kota 06 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Jurnal Pedagogik.Vol. 3 No. 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.