PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERMAIN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Nurhasnah Nurhasnah, Guesa Maiwinda

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V masih rendah.Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswadengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban pada mata pelajaran IPA kelas V.A SDN 10 Painan Timur. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban, dilaksanakan dua siklus dengan empat tahap tindakan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.A yang berjumlah 23 orang siswayangterdiri dari 15 orang siswa laki-laki serta 8 orang siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan tes hasil belajar.Data hasil penelitian diolah secara deskriptif kualitatif dan dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, didapatkan pada siklus I dan siklus II aktivitas siswa meningkat dari 55,9%  menjadi 81,7%. Hasil belajar IPA siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu siklus I dengan perolehan rata-rata 71,39, pada siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan rata-rata 77,13. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V.A SDN 10 Painan Timur Kecamatan IV Jurai.

 


Keywords


Hasil belajar, aktivitas belajar, model pembelajaran kooperatif bermain jawaban.



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1601
Abstract views : 204 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 249 times

References


Astuti, Puji. 2011. Penerapan Cooperative Learning dengan Strategi Bermain Jawaban Pada Mata pelajaran fiqh Materi Pokok Kurban Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Kealas V MI SalafiyahLahar Pati. Semarang : IAIN Walisongo

BSNP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas

Bungin, Burhan. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Hisyam, Zaini, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Isjoni. 2012. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Mahardani, AJ. 2011. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bermain Jawaban Pada siswa Kelas III SD Negeri 02 Pandeyan Tasik Madu Karanganyar. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Mulyasa.2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan.Bandung: Rosdakarya

Rahman, Muhammad dan Sofan Amri. 2014. Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, and Satifaction) Terintegratif dalam Teori dan Praktik untuk Menunjang Penerapan Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. raja Grafindo Persada

Suharsimi, Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suryadi, A. 2013.Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Bermain Jawaban dalam Pembelajaran IPA Kelas V SDN 10 Koto Jua Kecamatan Bayang. Padang: Universitas Bung Hatta.

Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.