PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CREATIVITY AND INNOVATION SKILLS MAHASISWA

Media Roza

Abstract


Creativity and innovation skills merupakan salah satu katergori pada keterampilan abad-21, yang merupakan pemikiran kreatif dan kemampuan untuk bekerja secara kreatif dengan orang lain. Untuk meningkatkan creativity and innovation skills pada mahasiswa diperlukan usaha yang dapat diterapkan dalam perkuliahan. Diantara usaha tersebut adalah melalui penerapan model Project Based Learning. Penelitian dilakukan pada mahasiswa PGMI yang mengambil mata kuliah Eksperimen Sains. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan penilaian unjuk kerja mahasiswa. Dari penelitian diperoleh data aktivitas mahasiswa dalam menerapkan model Problem Based Learning tergolong baik, dimana nilai tertinggi adalah pada tahap membuat produk dengan rata-rata 85. Creativity and Innovation skills mahasiswa juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata tertinggi terdapat pada indikator terbuka dan mau mendengarkan ide dan perspektif yang berbeda, dengan nilai 82,2. Penilaian terhadap produk eksperimen sains diperoleh nilai tertinggi dengan rata-rata 91,2 untuk produk berbasis aplikasi sains. Dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan creativity and innovation skills mahasiswa.

 


Keywords


Creativity and innovation skills, Project Based Learning, dan Eksperimen Sains



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1603
Abstract views : 533 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 959 times

References


Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Beveridge, A. Archer, J. 2006. Motivational implications of project-based learning for the preparation of social workers. Paper presented at the annual meeting of the Australian Association for Research in Education. Adelaide, November 27-30, 2006.

Bhattacharya, M. MacIntyre, B. Ryan, S. & Brears, L. 2006. PBL Approach: A model for integrated curriculum. Paper presented at the annual meeting of the Australian Association for Research in Education. Adelaide, November 27-30

Clarke, M. 2003. Reflection: Journal and reflective questions –A strategy for professional learning. Paper preseaper Presented at NZAARE/AARE Conference, Auckland, Nov 29-Dec 3, 2003.

Daryanto dan Syaiful Karim. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Hakim, Nasrul. 2015. Penerapan Project-Based Learning Dipadu Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang. Jurnal BIODIK . Vol. I. No. 1

Kamehameha Schools Research and Evaluation. 2010. 21st Century Skills for Students and Teachers. www.ksbe.edu/spi

Kartika, Widya dan Musataji. 2016. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Communication Skills pada Mata Kuliah Pengembangan Sumber Daya Manusia Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan Vol. 1. No. 1

Kemendikbud. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemenristek Dikti. 2015. Permenristekdikti No.44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Loveless, Avril. 2007. Literature Review in Creativity, New Technologies and Learning. School of Education University of Brighton.

Mulhayatiah, Diah. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis proyek Unruk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa. Edusains. Vol. VI No. 1, hal. 18-22

Muspiroh, Novianti. 2015. Penerapan Project Base Learning (PBP) bagi Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Mata Kuliah Sains Terapan. Scientiae Educatia. Vol. 5 No.1

NEA .2002. 21st Century Students for a Global Society: An Educator’s Guide to “Four Cs”. Tersedia https://www.nea.org/assets/docs/

Partnership for 21st Century Skills. 2009. Learning for the 21st Century Skills. Tersedia: www.21stcenturyskills.org.

Rotherham, A. J., & Willingham, D. 2009. 21st Century Skills: The Challenges aheAd. Educational Leadership Vol. 67 Number, 1, page 16 - 21.

Santyasa. 2006. Pembelajaran Inovatif: Model Pembelajaran Berbasis proyek dan Orientasi NOS. Seminar Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Singaraja hal 12.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Suratno, T., Dharma, A., & Desiree. 2007. Project-Based Learning. Makalah disajikan pada kegiatan Semiloka Program Adopt A Teacher, Teacher Institute

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wibowo, Widodo Setiyo. 2014. Implementasi Model Project-Based Learning (Pjbl) Dalam Pembelajaran Sains untuk Membangun 4cs Skills Peserta Didik Sebagai Bekal dalam Menghadapi Tantangan Abad 21. Seminar Nasional IPA V tahun 2014 “Scientific Learning dalam Konten dan Konteks Kurikulum 2013”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.