KOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA JURUSAN PGMI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN IMAM BONJIOL PADANG
Abstract
Al-Qur’an adalah bacaan/ yang dibaca. Allah memerintahkan agar al-Qur’an dibaca dengan baik dan Nabi saw pun sangat berhati-hati, jelas, dan terurai setiap huruf saat membacanya. Cara ini diikuti oleh sahabat dan tabi’ tabi’in. Namun, belakangan ini banyak umat Islam termasuk mahasiswa PTAI yang tidak mampu membacanya dengan baik. Standar bacaan yang baik diacu kepada ilmu tajwid. Penelitian ini ingin mengetahui kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN ImamBonjol pada aspek: makharij al-huruf, ahkam al-huruf, dan mad thabi’iy. Penelitian ini bersifat deskriptif dan evaluatif. Maksudnya, peneliti ingin menggambarkan variabel: masa lalu dan sekarang karena mereka sudah mengikuti tahsin al-Qur’an. Setelah data diolah, disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa pada aspek makharij al-huruf, ahkam al-huruf dan mad thabi’iy berada pada kategori baik namun masih terdapat yang berada pada kategori kurang baik dan kurang sekali.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1605
Abstract views : 278 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 768 times
References
Abdullah Umar ibn Baidhawiy, Risalat al-Qur’an al-Huffaz fi Ghara’ib al-Qira’ah wa al-Alfaz (‘Ala Qira’ah ‘Ashim ‘an Riwayah Hafs, Semarang: Toha Putra, t.t.
Abdul Majid Khon, Praktikum Qira’at, Jakarta: Amzah, 2008
Abdussabur Syahin, “Tarikh al-Qur’an” terj. Ahmad Bachmid, Sejarah al-Qur’an, Jakarta: Rehal Publika, 2008
Abidin, Kewajiban Belajar al-Qur’an, Jakarta: t.tp., 1992
Departemen Agama RI, Al-Qur’an Terjemah Per-Kata, Yayasan Penyelenggara Penerjemah/ Penafsir al-Qur’an Revisi oleh Lajnah Pentashih Mushaf al-Qur’an Depag RI, 2008
Farida Yusuf, Evaluasi Program, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000
Hasanuddin Amin dan Choirul Huda Ismail, Ilmu Tajwid, Surabaya: Sinar Wijaya, 1988
Ikhya Ulumiddin, Belajar Tajwid: Makhraj dan Sifat Huruf, Surabaya: Kartika, 2013
M. Quraisy Shihab, Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan, Keserasian al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, 2004
Manna’ Khalil al-Qattan, “Mabahits fi ‘Umul al-Qur’an”, terj. Mudzakir, Studi Ilmu-ilmu Qur’an, Jakarta: PT Pustaka Litera Pintar Nusa, 2000
Moh. Wahyudi, Hukum-Hukum Bacaan al-Qur’an, Surabaya: Indah, 1996
Moh. Wahyudi, Ilmu Tajwid Plus, Surabaya: Halim Jaya, 2008), Cet. ke-2
Muhammad Ali ash-Shabuniy, Al-Tibyan fi ‘Ulum al-Qur’an, Tp: ‘Alam al-Kutub, t.t
Oemar Hamalik, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Balajar, Bandung: Transito, 1986
Perda Nomor 6 Tahun 2003 tentang Wajib Pandai Baca al-Qur’an
Rifa’at Syauqi Nawawi dan Ali Hasan, Pengantar Ilmu Tafsir, Jakarta: Bulan Bintang, 1992
Said Agil Husein al-Munawwar, Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki, Jakarta: Ciputat Pers, 2002
Sardiman A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003
Subhish-Shalih, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an, Dar al-‘Ilm al-Malayin
Sugiono, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: CV Alfabeta, 1994
Suharsimi Arikunto, Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006
Zainal Abidin S., Seluk Beluk al-Qur’an, Jakarta: T.tp., 1992
Refbacks
- There are currently no refbacks.