KOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA JURUSAN PGMI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN IMAM BONJIOL PADANG

Ilman Nasution, Syafrijal Syafrijal, Hidayati Hidayati

Abstract


Al-Qur’an adalah bacaan/ yang dibaca. Allah memerintahkan agar al-Qur’an dibaca dengan baik dan  Nabi saw pun sangat berhati-hati, jelas, dan terurai setiap huruf saat membacanya. Cara ini diikuti oleh sahabat dan tabi’ tabi’in. Namun, belakangan ini banyak umat Islam termasuk mahasiswa PTAI yang tidak mampu membacanya dengan baik. Standar bacaan yang baik diacu kepada ilmu tajwid. Penelitian ini ingin mengetahui kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN ImamBonjol pada aspek: makharij al-huruf, ahkam al-huruf, dan mad thabi’iy. Penelitian ini bersifat deskriptif dan evaluatif. Maksudnya, peneliti ingin menggambarkan variabel: masa lalu dan sekarang karena mereka sudah mengikuti tahsin al-Qur’an. Setelah data diolah, disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa pada aspek makharij al-huruf, ahkam al-huruf dan mad thabi’iy berada pada kategori baik namun masih terdapat yang berada pada kategori kurang baik dan kurang sekali.

 

 


Keywords


kompetensi, al-Qur’an, ilmu tajwid, mahasiswa



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1605
Abstract views : 278 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 768 times

References


Abdullah Umar ibn Baidhawiy, Risalat al-Qur’an al-Huffaz fi Ghara’ib al-Qira’ah wa al-Alfaz (‘Ala Qira’ah ‘Ashim ‘an Riwayah Hafs, Semarang: Toha Putra, t.t.

Abdul Majid Khon, Praktikum Qira’at, Jakarta: Amzah, 2008

Abdussabur Syahin, “Tarikh al-Qur’an” terj. Ahmad Bachmid, Sejarah al-Qur’an, Jakarta: Rehal Publika, 2008

Abidin, Kewajiban Belajar al-Qur’an, Jakarta: t.tp., 1992

Departemen Agama RI, Al-Qur’an Terjemah Per-Kata, Yayasan Penyelenggara Penerjemah/ Penafsir al-Qur’an Revisi oleh Lajnah Pentashih Mushaf al-Qur’an Depag RI, 2008

Farida Yusuf, Evaluasi Program, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000

Hasanuddin Amin dan Choirul Huda Ismail, Ilmu Tajwid, Surabaya: Sinar Wijaya, 1988

Ikhya Ulumiddin, Belajar Tajwid: Makhraj dan Sifat Huruf, Surabaya: Kartika, 2013

M. Quraisy Shihab, Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan, Keserasian al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, 2004

Manna’ Khalil al-Qattan, “Mabahits fi ‘Umul al-Qur’an”, terj. Mudzakir, Studi Ilmu-ilmu Qur’an, Jakarta: PT Pustaka Litera Pintar Nusa, 2000

Moh. Wahyudi, Hukum-Hukum Bacaan al-Qur’an, Surabaya: Indah, 1996

Moh. Wahyudi, Ilmu Tajwid Plus, Surabaya: Halim Jaya, 2008), Cet. ke-2

Muhammad Ali ash-Shabuniy, Al-Tibyan fi ‘Ulum al-Qur’an, Tp: ‘Alam al-Kutub, t.t

Oemar Hamalik, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Balajar, Bandung: Transito, 1986

Perda Nomor 6 Tahun 2003 tentang Wajib Pandai Baca al-Qur’an

Rifa’at Syauqi Nawawi dan Ali Hasan, Pengantar Ilmu Tafsir, Jakarta: Bulan Bintang, 1992

Said Agil Husein al-Munawwar, Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki, Jakarta: Ciputat Pers, 2002

Sardiman A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003

Subhish-Shalih, Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an, Dar al-‘Ilm al-Malayin

Sugiono, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: CV Alfabeta, 1994

Suharsimi Arikunto, Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006

Zainal Abidin S., Seluk Beluk al-Qur’an, Jakarta: T.tp., 1992


Refbacks

  • There are currently no refbacks.