PENILAIAN ACUAN NORMA, PENILAIAN ACUAN PATOKAN, KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL DI MADRASAH IBTIDAIAH AN-NUR PLUS JUNWANGI KRIAN SIDORAJO JAWA TIMUR

Ratna Pangastuti, Kusnul Munfa`Ati

Abstract


Keberhasilan suatu lembaga selain harus didukung dengan perangkat pembelajaran yang lengkap, guru profesional, juga perlu adanya evaluasi untuk mengukur capaian dari suatu target pendidikan. Evaluasi tersebut dituangkan dalam bentuk Penilaian Acuan Norma (PAN), Penilaian Acuan Patokan (PAP), dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan menggunakan penelitian jenis deskriptif kuantitatif dan pendekatan classroom research selanjutnya dianalisis dengan rumus kuatitatif maka diperoleh hasil bahwa Penilaian Acuan Norma (PAN) merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengacu pada norma kelompok. Nilai yang diperoleh siswa dibandingkan dengan nilai siswa yang lain yang termasuk di dalam kelompok tersebut. Penilaian Acuan Patokan mengacu pada suatu kriteria pencapaian tujuan pembelajaran atau indikator pembelajaran yang telah dirumuskan sebelumnya. Tujuannya untuk mengukur secara pasti tujuan atau kompetensi yang ditetapkan sebagai kriteria keberhasilannya. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan acuan untuk menetapkan seseorang siswa secara minimal memenuhi persyaratan penguasaan atas materi pelajaran tertentu. Salah satu fungsi KKM adalah sebagai acuan bagi pendidik untuk menilai kompetensi siswa sesuai kompetensi dasar matapelajaran yang diikuti.

 

 


Keywords


Penilaian Acuan Norma, Penilaian Acuan Patokan, Kriteria Ketuntasan Minimal.



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1606
Abstract views : 7258 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 40835 times

References


Ali, Mohammad. Evaluasi Pendidikan. Program Peningkatan Kualifikasi Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah, 2009.

Kusaeri dan Suprananto. Penilaian dan Pengukuran: Untuk Guru dan Calon Guru. Yogyakarta: UNY Press, 2011.

Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.

Prayitno. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, t.t.

Purwanto, M. Ngalim. Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Sary, Yessy Nur Endah. Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Sukardi. Evaluasi Pendidikan : Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta : Bumi Aksara, 2012.

Uno, Hamzah B. dan Satria Koni. Assesment Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara, 2014.

https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2008/08/penetapan-kkm.pdf

http://zhenhal.blogspot.co.id/2015/12/makalah-kriteria-ketuntasan-minimal-kkm.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.