PENCIPTAAN SUASANA RELIGIUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK

Sasmi Nelwati, Ratna Kasni Yuniendel

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penciptaan suasana religius di Madrasah Ibtidaiyah dalam membentuk pendidikan karakter. Permasalahannya adalah bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di lembaga pendidikan dasar semisal Madrasah Ibtidaiyah masih cenderung transformatif dan minim internalisasi. Oleh karena itu, perlu didukung dengan upaya lain seperti menciptakan suasana religius yang berbasis pembiasaan dan keteladanan. Untuk menciptakan suasana religius di Madrasah Ibtidaiyah setidaknya ada dua hal yang penting diperhatikan, yaitu komitmen setiap pendidik sebagai figur teladan dan kesesuaian bentuk kegiatan keagamaan yang dilaksanakan dengan dimensi perkembangan peserta didik usia Madrasah Ibtidaiyah. Kedua hal ini penting karena akan mempengaruhi hasil pendidikan karakter yang dilaksanakan.


Keywords


Suasana religius, Madrasah Ibtidaiyah, karakter, peserta didik



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v9i1.1616
Abstract views : 232 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 854 times

References


Arifin, M. 1991. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Darwis, Djamaluddin. 2006. Dinamika Pendidikan Islam, Sejarah, Ragam dan Kelembagaan. Semarang: RaSAIL.

Departemen Agama RI. 1998. Kurikulum Madrasah Aliyah (GBPP) Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Ihsan, Fuad. 2010. Dasar-dasar Kependidikan: Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.

Al-Khatib, Muhammad ‘Ajjaj. 1981. Ushul al-Hadis, Ulumuha wa Musthalahuhu, Beirut, Dar al-Fikr.

Khojir. 2011. Membangun Paradigma Ilmu Pendidikan Islam: Kajian Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi. Dinamika Ilmu. Vol. 11, No. 1, 2011.

Koesoema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grafindo.

Muhaimin dkk. 1996. Strategi Belajar Mengajar Penerapannya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama, Surabaya: Citra Media.

---------. 2002. Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

---------. 2003. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum, Hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan, Bandung: Nuansa Cendikia.

Al-Nahlawi, Abdurrahman. T.th. Tarbiyah Islamiyah wa Asalibuha, diterjemahkan oleh Hery Noer Ali dengan judul: Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam, Bandung: Diponegoro.

Ramayulis. 1994. Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Kalam Mulia.

----------. 2004. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Syar’i, Ahmad. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Tafsir, Ahmad. 2002. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ulwan, Abdullah Nashih. 1981. Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam, Bandung: asy-Syifa’.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.