HUBUNGAN GENDER DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Dorisno Dorisno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara gender dengan kemampuan pemecahan masalah matematika  laki-laki dan perempuan. Jenis penelitian ini eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan Rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design, sebanyak 32 orang siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan kelas V SDN 18 Alang Lawas Padang.  Data penelitain berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa  laki-laki dan siswa  perempuan,  dapat dilihat dari hasil perhitungan uji F yang mengungkapkan Fhitung  > F table   dimana nilai Fhitung sebesar 4,704 sedangkan F table   3,99. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan siswa laki-laki dan perempuan dalam memecahkan masalah.


Keywords


Gender, kemampuan pemecahan masalah



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v9i1.1617
Abstract views : 420 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1086 times

References


Agus Irianto. 2004. Statistika Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya. Jakarta. Kencana prenada media group.

Amir, M. Taufik. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenata Media Group.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Bailey D. 2012. Medindia. (http://www.detikHealt.com/31/07/2012/anak-laki-laki-lebih-pitar-matematika-karena-tak-pernah-takut-salah.htm, diakses 3 Februari 2019).

Berry,J.W.,Porortinga, Y.H.,Segall,M.H., & Dasen, P.R. 1999. Psikologi Lintas Budaya (Riset dan Aplikasinya). Terjemahan oleh Edi Suhardono. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fauzan, Ahmad. 1996. “Penelusuran Kemampuan Persepsi Ruang Siswa Kelas 1 SMU di Provinsi Sumatera Barat.” Tesis Tidak Diterbitkan. Surabaya: Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan Surabaya.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Heruman. 2012. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar : Bandung: Remaja Rosdakarya.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston,VA:NCTM

Paidi. 2010. Model Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Artikel Seminar Nasional, UNY, Yogyakarta. (Online). (http:// staff.uny.ac.id/), diakses pada 28 Oktober 2018).

Prawironegoro, Praktinyo. 1985. Evaluasi Belajar Khusus Analisis Soal untuk Bidang Studi Matematika. Jakarta: PPLPTK.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Ruseffendi, dkk. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientsi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media

Santrock, Jhon W. 2007. Perkembangan Anak, Edisi Ketujuh, Jilid Dua. Jakarta: Erlangga.

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

-------. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sumarmo, Utari. 2003. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Intelektual Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Laporan Penelitian. Bandung: UPI

Suryadi,Ace dan Ecep Idris. 2004. Kesetaraan Gender Dalam Bidang Pendidikan.Ganesindo. Bandung.

Trianto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistk. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Uno, Hamzah., dan Koni, Satria. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Upton, Penney. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta:Erlangga.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Widdiharto, R. 2004. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah PPPG Matematika Yogyakarta.

Widjajanti, D. B. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembang-kannya. (Online). Artikel Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, UNY, Yogyakarta. (http:// eprints.uny.ac. id/), diakses pada 19 Desember 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.