MEDIA INTERAKTIF ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK

Zulvia Trinova, Shulhan Shulhan, Rafina Rafina, Nini Nini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran tematik yang masih dilakukan terpisah oleh pendidik, pendidik lebih banyak memberi daripada menfasilitasi dan peserta didik lebih banyak diam dan mendengarkan. Selain itu, pendidik belum memanfaatkan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan di dalam proses pembelajaran, pendidik hanya mengajar dengan buku pegangan saja sehingga membuat aktivitas belajar peserta didik rendah   dan peserta didik tidak bersemangat serta tidak termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas IB pada pembelajaran tematik dengan menggunakan media  interaktif animasi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil penelitian telah diperoleh aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I pertemuan pertama aktivitas belajar peserta didik berada dalam kategori cukup kemudian meningkat persentase pada pertemuan kedua. Dengan aktivitas belajar yang demikian, maka  hasil  belajar peserta didik pada siklus I juga rendah, yaitu dari 20 orang peserta didik hanya 3 orang yang tuntas dan 17 yang lain mendapat nilai di bawah KKM. Pada siklus II pertemuan pertama aktivitas belajar peserta didik memiliki kategori baik dan meningkat pada pertemuan kedua dengan persentase meningkat. Dengan meningkatnya aktivitas belajar peserta didik pada siklus II maka hasil belajar peserta didik pun meningkat sebanyak 16 orang peserta didik yang tuntas dan hanya 4 orang peserta didik yang tidak tuntas.


Keywords


Media Interaktif Animasi, Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013, Aktivitas Belajar, Peserta Didik



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v9i1.1619
Abstract views : 429 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 378 times

References


Afrimon. 2013. Peningkatan Proses pembelajaran Tematik Menggunakan Media Animasi di Kelas III SDN 01 Pakan Rabaa Solok Selatan, t.d.

Asnawir dan Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta Selatan : Ciputat Pers.

Azhar, Arsyad. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Faisal. 2014. Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Diandra Creative.

Febriani Yuyun. 2015. Media Animasi Pembelajaran Interaktif Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Education Volume 10 Nomor 2. T.d

Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Bandung: PT Alumni.

Hasbullah. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni. 2016. Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Paut, Mega Selvira. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas IV di SD Pujokusuman 1 Yogyakarta. - : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 6 Tahun ke-5.

Prastowo, A. 2014. Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Peserta Didik SD/MI melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan. researchgate.net

Priyadi, Yasin, dkk. 2016. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Pendekatan Saintifik dan Media benda Asli Pada Pembelajaran IPA kelas IV SDN Maron Kidul II Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. - : Pancaran Volume 5 Nomor 4.

Ramayulis. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta : Rajawali Pers.

Sadiman, Arief S. (dkk). 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Pers.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sudarsana, I Ketut, 2016. Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Biasa dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, ejournal.ihdn.ac.id

Suprihatin, Siti, 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi Vol. 3, No. 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.