MODEL PEMBINAAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Rosidah Rosidah, Erni Munastiwi

Abstract


Penelitian  ini  membahas  bagaimana  model  pembinaan  guru  dalam  implementasi kurikulum 2013 di MIN Tempel Sleman Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif,  data  diperoleh  dari  observasi,  dokumentasi  dan  interview.  Hasil penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: bagaimana model pembinaan guru dalam implementasi kurikulum 2013 di MIN Tempel Sleman Yogyakarta. Sebagaimana kita ketahui bahwa kurikulum 2013 ini sangat menuntut guru dalam hal kretivitas,  kemampuan  serta  motivasi  yang  tinggi,  disebabkan  karena  kurikulum  ini model pembelajarannya tematik terpadu, disamping itu penilaian dalam kurikulum 2013 ini menggunakan aplikasi (IT), sehingga benar-benar menuntut guru untuk mampu dari segala   segi   dalam   mengimplementasikannya   sesuai   prosedur   yang   dikeluarkan pemerintah. Pembinaan di MIN Tempel dilakukan dengan beberapa latihan atau diklat yang diselenggarakan oleh bimtek Kemenag yang diikuti oleh seluruh guru MI secara   bergantian   selama   periode   2013-2014.   Juga   ada   pelatihan   yang dilaksanakan oleh balai diklat Semarang LPMP dua kali dalam setahun, dan juga dengan mengundang nara sumber pakar pendidikan.


Keywords


Pembinaan, Guru, Implementasi, Kurikulum 2013.



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v9i1.1622
Abstract views : 302 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 987 times

References


Chotimah, Husnul. 2007. Lesson Study Sarana Peningkatan Keprofesionalan Guru Dalam Refleksi Pelaksanaan Lesson Study di SMA Laboratorium UM. Malang: Majalah Komunikasi UM.

Garfield, J. 2006. Exploring the Impact of Lesson Study on Developing EffectiveStatistics Curriculum. (Online): diambil tanggal 19-05-2016 dari: www.stat.auckland.ac.nz/- iase/publication/-11/Garfield.doc.

LAPIS. 2009. Materi Workshop Penguatan Kapasitas Dosen. Surabaya: IAIN Sunan Ampel.

Lewis, Catherine C. 2002. Lesson study: A Handbook of Teacher-Led

Instructional Change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc. Munasef. 1991. Manajemen Kepegawaian di Indonesia. Suranaya: Apolo.

Richardson J. 2006. Lesson study: Teacher Learn How to Improve Instruction

Nasional Staff Development Council. (Online): www.nsdc.org. 21/05/16.

Sagor, R. 1992. How to Conduct Collaborative Action Research. Association for Supervision and Curriculum Development. Alexandria.

Saito, E. 2006. Development of school based in-service teacher training under the Indonesian Mathematics and Science Teacher Education Project. Improving Schools. Vol.9 (1).

Sirait, Alfonsus 1991. Manajemen. Jakarta: P.T Gelora Aksara.

Subadi T. 2009. Pengembangan Model Untuk Meningkatkan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study di Sekolah Dasar Kota Surakarta. Jurnal Sekolah Dasar Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. Tahun 18. Nomor 2

November 2009. ISSN 0854-8285. Malang: UN Malang.

Subadi, Tjipto. 2015. Model Pembinaan Guru Ips Berbasis Lesson Study di Smk Muhammadiyah Sukoharjo, Pendidikan Geografi FKIP-Universitas Muhammadiyah Surakarta, ISSN 2407-9189.

Suhardjono. 1995. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Direktorat Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis Dikbud.

Thoha, Miftah. 1997. Pembinaan Organisasi (Proses Diagnosa dan Intervensi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Widhiartha, Putu Ashintya. Lesson Study Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Pendidik Pendidikan Formal. Surabaya: Guna Widya.

Widjaja. 1998. Titik Berat Otonomi Daerah: Pada Daerah Tingkat II. Jakarta: PT Raja Grafindo.

UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB I pasal 1 ayat 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.