PENGARUH MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 27 KOTO BARU KABUPATEN PESISIR SELATAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar PKn peserta didik kelas III SDN 27 Koto BaruKabupaten Pesisir Selatan masih banyak yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 70,00. Berdasarkan hasil Ujian Mid Semester PKn peserta didik yang dinyatakan tuntas sebanyak 7 orang dan yang belum tuntas sebanyak 13 orang.Hal ini disebabkan karena peserta didik menganggap PKn merupakan pelajaran yang sifatnya hafalan dan membosankan, proses pembelajaran cenderung berpusat pada pendidik, sehingga membuat peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran PKn, dan pendidik kurang menggunakan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media komik terhadap hasil belajar PKn serta dapat melihat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan media komik di kelas III SDN 27Koto Baru Kabupaten Pesisir Selatan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pra Eksperimen. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah One Group Pretest – Posttest Desain, yaitu eksperimen yang dilakukan terhadap satu kelompok saja, tanpa kelompok pembanding. Sampel pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III SDN 27 Koto Baru Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2017-2018. Instrument yang digunakan adalah berupa tes Objektif sebanyak 10 soal. Teknik pengolahan data hasil belajar PKn yaitu dengan menghitung efektifitas treatment dengan uji -t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor tes hasil belajar sebelum perlakuan (pretest) adalah 54,5 dan rata-rata skor tes hasil belajar setelah perlakuan (Posttest) adalah 78. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dan diperoleh t hitung = 7,02 dan t tabel = 1,729, sehingga disimpulkan t hitung > t tabel (7,02 > 1,729). Berarti perubahan hasil belajar peserta didik antara pretest dan posttest sangat signifikan.Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar setelah menerapkan media komik pada pembelajaran PKn peserta didik kelas III SDN 27 Koto Baru Kabupaten Pesisir Selatan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v9i1.1623
Abstract views : 574 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 560 times
References
Konsep Faktor dan Kelipatan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. 2014.
Apriyanti, Fitri. Pengaruh pemanfaatan media komik matematika terhadap hasil belajar kelas V SDN 24 Pontianak Tenggar. Pontianak: Universitas Tajung Pura. 2012.
Arikunto, Suharsimi. Dasar –dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara2012.
Bara Saputro, Hengkang dan dkk.Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Yogyakarta: Universita Negeri Yogyakarta. 2015.
Darmadi, Hamid. Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta. 2002.
Departemen Agama RI. Al-quran dan Terjemah Pe-Kata. Bandung: Kiaracondong. 2010.
Dewiki, Santidan Sri Yuniati. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka. 2006.
Enawaty, Eny. Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pontianak pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Pontianak: Universitas Tanjung Pura. 2010.
Gumelar, M. S. Comic Making. Jakarta: PT. Indeks. 2011.
Hasymi. Pendidikan Kewarganegaraan. Padang: Hayfa Press. 2012.
Nelwati, Sasmi. Dasar-dasar Kependidikan. Padang: IAIN IB Press Padang. 2007.
Puspitorini, Retno dan dkk. Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. 2014.
Rusman. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Press. 2015.
Sadirman S. Arief dan Dkk. Media Pendidik.an. Jakarta: Rajawali Press. 2010.
Sanjaya, Wina. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. 2008.
Subana, dkk. Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia. 2000.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai.Media Pengajaran. Bandung: Algesindo. 2013.
Sudijono,Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2009.
Berorientasi Kearifan Lokal Bali Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. 2013.
Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. 2011
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. 2014.
---------. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta. 2013.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. 2013.
Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Surabaya: Rajawali Pers. 2015.
W. Bachtiar, Harsja. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2012.
Wina Yasa Pramadi, Putu. Pengaruh Penggunaan Komik
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tarbiyah Al-Awlad