IMPLIKASI FASE PEMEROLEHAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP PROSES PENGAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Tulisan ini membahas tentang fase-fase pemerolehan bahasa yang dialami oleh siswa tingkat dasar MI/SD. Dengan berdasarkan tingkat usianya, dan bagaimana fase tersebut memberikan kontribusi agar dapat membantu guru dalam menganalisis kesulitan belajar, seperti kesalahan penggunaan bahasa. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia para guru dianjurkan untuk mempertimbang aspek perkembangan sesuai fase perkembangan bahasa anak. Selain itu, dituntut juga mampu menganalisis materi pembelajaran bahasa Indonesia seperti aspek psikologis, aspek perkembangan, dan aspek sosial. Bahkan diperlukan juga mempertimbangkan aspek keragaman dan kemampuan yang dimiliki siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v9i1.1626
Abstract views : 794 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 3925 times
References
Chaer, abdul. 2003. Pengantar Linguistic Umum. Jakarta.
Forgaty, Robin. 199.1 The Minful School How to Integrate the Curricula, Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.
Lightbown Patsy da Nina Spada. 2006. How Language are Learned. NewYork. Oxford University Press.
Mahsun. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekat-an Teks. Kompas Edu. 27 Februari 2013. Diakses pada tanggal 8 April 2013.
Rhyner, Paula. 2009. The Emergent Literacy and Language Development. NewYork: The Builford Press
Schot, Wendi dan Listbeth.H.Yerthberg. 2001. Teaching English to Young Learner. London. Longman
Sumantri, Mulyani dan Johar Permana. 1999 Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Depdikbud,
Tarigan, Henry Guntur. 1985. Psikolinguistik. Bandung. Angkasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.