PENGEMBANGAN KURIKULUM MATA PELAJARAN PAI MELALUI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN DI MIN 2 SLEMAN

Ahmad Zainal Abibin, Rendy Nugraha Frasandy

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengembangan kurikulum PAI Melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di MIN 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field study) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui dokumentasi dan wacancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Forum MGMP berkontribusi besar dalam pengembangan kurikulum PAI di MIN 2 Sleman diantaranya (1) menghasil produk yang berupa Modul pelajaran PAI yang dalam penyusunanya mempertimbangkan kebutuhan di kelas, (2) menghasilkan produk berupa soal ujian rumpun PAI, hal demikian kaitanya dengan Ujian Tengah Semester (PTS) dan Ujian Kenaikan Kelas (PAT), (3) memecahkan persoalan yang dihadapi guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Bagi guru yang memiliki persoalan di dalam mengajar mereka menyampaikan hal tersebut di forum MGM . Forum MGMP mengkaji persoalan tersebut secara bersama. Apabila tidak ditemukan pemecahan masalahnya, forum MGMP mendatangkan konsultan pendidikan. Selain, untuk menangani permasalahan di lapangan dapat menggunakan penelitian tindakan kelas yang sekiranya relevan untuk menangani persoalan di lapangan. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dipublikasikan di lingkup forum MGMP maupun di luar. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah diuji dapat dijadikan pertimbangan dalam merevisi kurikulum PAI di setiap lembaga pendidikan yang bersangkutan.

Keywords


Pengembangan Kurikulum, Pembelajaran, Pelajaran PAI,



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v10i1.2525
Abstract views : 164 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 219 times

References


Syaodin ,Nana, Sukmadinata,1997, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukiman,2015, Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, 2012 ,Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi,Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arifin ,Zainal,2013,Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gunawan ,Heri, 2013, Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Alfabeta.

Penelitian; Ali Noor Hidayat dan Widyaiswara Madya LPMP Jawa Tengah, Penngembangan Kompetensi Profesional Guru Melalui Pemberdayaan Kelompok Kerja (KKG /MGPM).

http://www.lpmpjateng.go.id/web/inde x.php/arsip/karya-tulis-ilmiah/856-pengembangan- kompetensi-profesional-guru-melalui- pemberdayaan-kelompok-kerja


Refbacks

  • There are currently no refbacks.