ANALISIS BAHAN AJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRITIS

Mawadah Rahmawati, isti ningsih

Abstract


memahami agama secara dogmatis, bukan nalar kritis. Karenanya penelitian ini focus pada Bahan Ajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 dengan metode studi pustaka melalui analisis isi (content analysis) dan interpretasi isi (content interpretation). hasil dari penelitian mendapati bahwa terdapat relevansi pendidikan kritis dengan materi dan gambar buku ajar, kesadaran kritis dibangun melalui prosedur pendekatan saintifik pada proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Melalui tradisi kritis, peserta didik mampu memahami realitas dan mengubahnya menjadi lebih baik, damai, adil, aman, dan sejahtera. Penelitian ini berkontribusi bagi pembuktian sekaligus dorongan perlunya pemaknaan ulang atas model sosialisasi wacana kesadaran kritis yang mengintegrasikan prinsip keadilan dengan prinsip pendidikan Islam agar dapat mengakomodasi tuntutan kesadaran kritis, salah satunya, melalui perumusan bahan ajar yang berkesadaran kritis.


Keywords


bahan ajar, pendidikan kritis, pendekatan saintifik



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v10i1.2536
Abstract views : 206 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.