PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENERAPAN PROJECT BASED ONLINE LEARNING (PjBOL) PADA MATA KULIAH EKSPERIMEN SAINS SEMESTER V

Dwi Nur Umi Rahmawati

Abstract


Teori konstruktivisme tentang pembelajaran menyatakan bahwa belajar bukan sekedar mengingat namun sarana menemukan suatu konsep dan mentransformasikan informasi, mengecek kebenaran informasi, memecahkan masalah dan ikut berpartisipasi aktif dalam mencari pengalaman dengan melakukan serangkaian kegiatan ilmiah. Project Based Online Learning (PjBOL) sebagai alternatif metode pembelajaran jarak jauh di tengah merebaknya Covid-19 menjadi salah satu solusi untuk menciptaan pembelajaran yang menekankan penerapan nilai-nilai konstruktivis. Apalagi Eksperimen Sains merupakan materi kuliah yang bertujuan agar mahasiswa dapat menguasai aspek keterampilan proses sains yang meliputi menemukan dan mengembangkan sendiri fakta dan konsep serta menumbuhkan dan mengembangkan sikap dan nilai sains. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengkaji persepsi mahasiswa PGMI mengenai metode pembelajaran jarak jauh melalui Project Based Online Learning (PjBOL) pada mata kuliah eksperimen sains. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 32 mahasiswa PGMI semester V yang terlibat dalam perkuliahan eksperimen sains menggunakan Project Based Online Learning (PjBOL) selama pandemi Covid-19. Hasilnya didapatkan bahwa persepsi mahasiswa mengenai Project Based Online Learning (PjBOL) pada perkuliahan Eksperimen Sains berada pada kategori “Baik” dengan persentase sebesar 77 %. Hasil ini didasarkan pada hasil ketercapaian penerapan PjBOL berdasarkan persepsi mahasiswa. Indikator keterlaksanaan PjBOL dikatakan berhasil bagi mahasiswa jika memenuhi: 1) Interaksi Mahasiswa dan Dosen; 2) Mampu memotivasi/menambah minat belajar mahasiswa; 3) Kompetensi memahami materi pembelajaran; 4) Kompetensi berpikir kritis, efektif dan efisien.;

5) Kompetensi memanajemen waktu dengan baik; 6) Hasil proyek yang baik; 7) Kesesuaian penerapan model pembelajaran dengan karakteristik mata pelajaran


Keywords


Persepsi, Project Based Online Learning, Eksperimen Sains



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v10i2.2570
Abstract views : 442 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 275 times

References


Abdurrozak, R., Jayadinata, A. K., & Isrok’atun. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berargumentasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah.

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. ari, & Kanzunnudin., M. (2017). IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (PjBL)

BERPENDEKATAN. Jurnal Refleksi Edukatika.

Bertoncelli, T., Mayer, O., & Lynass, M. (2016). Creativity, Learning Techniques and TRIZ. Procedia CIRP.

https://doi.org/10.1016/j.procir.2016.0 1.187

Gijbels, D., van de Watering, G., & Dochy,

F. (2005). Integrating assessment tasks in a problem-based learning environment. Assessment and Evaluation in Higher Education. https://doi.org/10.1080/02602930420 03243913

Made, W. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mayasari, D. M., Mustami’ah, D., & Warni, W. E. (2010). Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Terhadap Metode Pengajaran Dosen dengan Kecenderungan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah

Surabaya. Insan.

Rahardjanto, A., Husamah, & Fauzi, A. (2019). Hybrid-PjBL: Learning outcomes, creative thinking skills, and learning motivation of preservice teacher. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1221 2a

Rais, M. (2010). Model Project Based- Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran.

Shih, W. L., & Tsai, C. Y. (2017).

Students’ perception of a flipped classroom approach to facilitating online project-based learning in marketing research courses. Australasian Journal of Educational Technology. https://doi.org/10.14742/ajet.2884

Sholahuddin, A. (2006). Pembelajaran IPA dan Sikap Positif terhadap Lingkungan.Tersedia[Online]: http://www.duniaguru.com/index.php


Refbacks

  • There are currently no refbacks.