PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD/MI
Abstract
Permasalahan yang banyak terjadi di SD/MI adalah kurang tersedianya LKPD yang berbasis inkuiri terbimbing dalam pembelajaran tematik dan kurang menarik, hal tersebut berdampak kepada keterampilan berfikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing pada tema indahnya kebersamaan di kelas IV SD/MI yang valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Hasil penelitian diperoleh LKPD yang dikembangkan dikategorikan sangat valid untuk aspek kelengkapan LKPD (89), isi dikategorikan sangat valid (95), dan bahasa kategori valid (65). Hasil uji praktikalitas berada pada kategori sangat praktis, pendidik (95) dan peserta didik (82). Hasil uji efektifitas terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik sebanyak 30 orang adalah 87,7 kategori sangat efektif. Berdasarkan paparan data tersebut LKPD berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan karena telah dikategorikan valid, praktis dan efektif untuk melatih berfikir kritis pada peserta didik di kelas IV SD/MI.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afriki, Dkk. 2014. Tema 1 Indahnya Kebersamaan Kelas IV SD/MI (Buku Guru). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Amri, Sofan. 2010. Proses Pebelajaran Kreatif Dan Inovatif Dalam Kelas, Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Aristini, Ni Kadek Desi. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Untuk Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol. 5 No. 2. 2017. Hlm. 3
Damayanti, Dyah Shinta. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Radiasi.Vol.3.No.1. Hlm. 58
Hamdayana, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajara. Jakarta: Bumi Aksara
Hamdayana, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Meylinda, Frista. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dengan Program Adobe Flash Untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar, ISSN: 2460-8475. Vol 2. No 3, September 2016. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD. Hlm. 256
Mudjijo. 1995. Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara
Pradita, Nurjannah Eka. 2017. Pengembangan LKPD Tematik-Integratif Berbasis Karakter Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun VII. No. 1. April 2017. Hlm. 58
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Prenamedia Grup.
Redhana, Wayan. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13. No 1. 2019.
Hlm. 2239
Rizky, Miftahul. 2018. Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Mata Pelajaran IPA di SD Negeri 4 Kampung Baru. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan. Vol. 9 Nomor 2. 2018.
Hlm. 246
Rusman. 2016. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pers.
Sasmita, Amara. 2018 . Pengembangan Modul Berbasis Quantum Learning Tema Ekosistem untuk Kelas V Sekolah Dasar. Nomor 8. Juni 2018, Jurnal Refleksi Edukatka. Hlm. 135
Sasmito, Luncana Faridhoh. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tematik Integratif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V Nomor 1, April , h. 70
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Penamedia group.
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu.
Jakarta: PT Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v10i2.2571
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tarbiyah Al-Awlad