Usaha Pendidik dalam Pengembangan Sikap dan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik di SD IT Adzkia Padang

Rendy Nugraha Frasandy, Fauza Mashudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk; mengetahui usaha yang dilakukan pendidik SD IT Adzkia Padang dalam mengembangkan sikap dan perilaku keberagamaan peserta didik. Penelitian ini dikemas dengan desain deskriptif kualitatif, dimana sumber data adalah guru, kepala sekolah, pengurus atau komite sekolah, para karyawan, dan siswa di SD IT Adzkia Padang. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisa data penulis menggunakan metode induktif, deduktif dan komperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; dalam mengembangkan sikap dan perilaku keberagaman peserta didik, pendidik selalu memberikan bimbingan dan pengawasan terhadap tindakan yang dilakukan peserta didik seperti ketika mengambil air wudhu, berdoa ketika memulai suatu pekerjaan, seperti memulai pelajaran dan menutup pelajaran, saat makan, berkata jujur dan bersikap lemah lembut, 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun), memanggil ustadz/ustadzah kepada pendidik, ana untuk saya, antum untuk kamu. Selanjutnya selalu melakukan kontrol terhadap kegiatan peserta didik, sehingga peserta didik senantiasa menjaga ibadah dan sikapnya keberagamaan melekat dan berlangsung setiap harinya.


Keywords


Usaha Pendidik, Sikap dan Perilaku Keberagamaan, Peserta Didik



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v10i2.2572
Abstract views : 319 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 594 times

References


Abu Ahmadi & Munawar Sholeh, (2005), Psikologi Perkembangan, Jakarta : Rineka Cipta.

Akhyas Azhari, (2004), Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta : Teraju.

Arifin, (2009), Ilmu Pendidikan Islam (tinjaunan teoritis dan praktis berdasarkan pendekatan interdisipliner), Jakarta ; Bumi Aksara.

Creswell, J. W. (2002). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative. Prentice Hall Upper Saddle River, NJ.

Departemen Agama RI, (1971), Al-quran dan Terjemahan, (Jakarta : Departemen Agama.

Departemen Pendidikan Nasional, (2000) Kamus Besar Bahasa

Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.

Hamdani Ihsan & Fuad Ihsan, (2001) Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Jalaluddin, (2004). Psikologi Agama,Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Lyen kennet, dkk, (2003), Pendidikan Moral Anak, Yogyakarata : Indek Kelompok Media.

Miles Mathew B, Huberman Michael A. (1984). Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications

Mulyasa, (2002), Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Muhaimin,(2006). Nuansa Baru Pendidikan Islam Mengurai Benang Kusut Pendidikan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Ramayulis, (1991), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Departemen Pendidikan dan kebudyaan.

-------------------, (2002), Psikologi Agama, Jakarta : Kalam Mulia.

Tim JSIT,(2006), Sekolah Islam Terpadu Konsep dan Aplikasinya, Jakarta : JSIT.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 (2006), Sistem Pendidikan Nasional, Bandung : Fokus Media. Undang-undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Yogyakarta : Pustaka Yustisia.

Qurais Shihab, (1992), Membumikan al- Quran, Bandung : Mizan.

Zakiah Daradjat, (1970), Ilmu Jiwa Agama,Jakarta : Bulan Binta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.