PERAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA CARD SHORT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Syahril Syahril

Abstract


Di antara tujuan diberlakukannya kurikulum 2013 di Indonesia adalah mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) atau HOTS, salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah keterampilan berpikir kritis (critical thinking skills). Kenyataannya pada saat ini kemampuan berpikir kritis peserta didik belum dikembangkan terutama di sekolah dasar. Hal ini terlihat pada rancangan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran di sekolah dasar belum ditujukan pada pengembangan kemampuan berpikir kritis. Karakteristik pembelajaran di sekolah dasar masih konvensional dan dalam pelaksanannya masih didominasi oleh pendidik (teacher-centered). Berdasarkan hal penulis menawarkan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) berbantuan media card sort dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian library research, yaitu dengan memanfaatkan sumber perpustakaan berupa buku, artikel, dan sebagainya. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe think pair and share berbantuan media card sort sangat berperan dalam; (1) dapat meningkatkan partisipasi peserta didik dalam bertanya, mengemukakan pendapat dan belajar menghargai pendapat orang lain dalam diskusi, 2). peserta didik mampu menjawab pertanyaan dan berarguman pada berdiskusi karena peserta didik mencari bahan sendiri atau materi yang sesuai dengan kategori kelompoknya, dan 3) meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, khususnya pada pembelajaran IPS di sekolah dasar.


Keywords


Think Pair and Share, Card Sort, Berpikir Kritis



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v10i2.2573
Abstract views : 375 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 258 times

References


Agus, Suprijono, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, (Yokyakarta : Pustaka Belajar, 2012)

Asti, Vika Muhitia, Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort untuk Meningkatkan Keaktifan Bertanya pada Peserta pendidik Sekolah Dasar, Volume 1, Nomor 3, 2015, Jurnal Pendidikan Indonesia 252 - 256

Hamdayama. J, Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2012)

Hidayah, Rosita Nurul, Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas IV SD, Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika P-ISSN 2597, Vol. 3 No. 1, April 2019

Imas, Kurniasih dan Berlin Sani, Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Pendidik,(Kata Pena, 2015)

Isjoni. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antara Peserta Pendidik, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2013)

Julianto, Teori dan Implementasi Model Model Pembelajaran Inovatif. (Surabaya: Unesa University Press, 2012).

Rukmana, Kholidah Hardiyanti Shinta, Gambaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Jurnal Menejemen Bisnis, Volume 3, Nomor 1, Mei 2018

Miftahul Huda, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, (Yokyakarta: Pustaka Belajar, 2013)

Purba, Sebuah Tinjauan Mengenai Stimulus Berpikir Kritis bagi Peserta pendidik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2015

Riyanto, Yatim, Paradigma Baru Pembelajaran, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012)

Rosmaiyadi, Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta pendidik Dalam Learning Cycle Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Aksioma, (1), 2017

Shoiman, Aris, 68 Model Pembelajaran Innovative dalam Kurikulum 2013, (Yokyakarta: Arruzz Media, 2014)

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009)

---------, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. (Jakarta: Prenada Media, 2010)

---------, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual (Konsep dan Implementasinya pada Kurikulum 2013), (Jakarta: Prenadamedia Group, 2014)

Wibowo, Sigit, Perbandingan Hasil Belajar Biologi dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation dengan Tipe Think Pair And Share, Skripsi pada Strata 1 UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2011

Wijayanti, Ayu Indri, Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta pendidik Kelas V dalam Pembelajaran IPA di 3 Sd Gugus X Kecamatan Buleleng, E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pgsd Volume: 3 No: 1

Tahun 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.