PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI PADA IBADAH SHOLAT TERHADAP ANAK USIA 9 – 11 TAHUN DI JALAN LOLO GUNUNG SARIK KELURAHAN GUNUNG SARIK KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG

Gusmaneli Gusmaneli, Nada Qumala Arnum

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya peran orang dalam menanamkan sikap toleransi yang di ajarkan pada ibadah sholat, hal ini terlihat dari pelaksanaan sholat yang tidak tepat waktu, susah untuk di ajak melaksanakan sholat berjamaah, membeda-membedakan teman, tidak saling berbagi antar sesama, tidak tolong menolong, dan durhaka kepada orang tua. Salah satu cara dalam menghadapi masalah tersebut ialah dengan menanamkan nilai- nilai toleransi yang di ajarkan pada ibadah sholat terhadap anak usia 9-11 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai toleransi yang terdapat dalam ibadah sholat terhadap anak usia 9-11 tahun serta kendala yang dihadapi orang tua dalam menanaman nilai toleransi yang terdapat dalam ibadah sholat terhadap anak usia 9-11 tahun di di jalan Lolo Gunung Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk menggambarkan keadaan objek yang diteliti sebagaimana adanya. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak berumur 9-11 tahun sebanyak 5 orang anak beserta orangtua. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari Hasil Penelitian diperoleh: Pertama cara yang dilakukan orang tua dalam penanaman nilai-nilai toleransi yang terdapat dalam ibadah sholat terhadap anak usia 9-11 tahun adalah: (1) Menyuruh anak usia 9-11 tahun melaksanakan sholat tepat waktu, (2) Menanamkan kepada anak agar tidak membeda-bedakan teman, (3) Menasehati anak agar tidak durhaka kepada orang tua.(4) menanamkan kepada anak untuk sikap saling berbagi antar sesama. Kedua Kendala orangtua dalam menanamkan nilai-nilai toleransi yang ada pada Ibadah sholat terhadap anak usia 9 – 11 tahun di jalan Lolo Gunung Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang adalah (1) Kurangnya pengetahuan orang tua tentang pelaksanaan sholat, (2) lambatnya anak dalam melakukan perintah orang tua, (3) Lingkungan tempat tinggal orangtua kurang mendukung.(4) kurang perhatian orang tua terhadap anak, (5) pengaruh negative perkembangan teknologi komunikasi khusus HP (hand phone)


Keywords


Nilai, Toleransi, Ibadah Sholat



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v10i2.2574
Abstract views : 393 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 354 times

References


Abidin.Aji.2015. Skripsi:“Pengaruh Pembinaan Keagamaan Islam Terhadap Pengamalan Ibadah Shalat (Studi Kasus Pada Anak-Anak Keluarga Petani Di Dusun Kerep Desa Jombor Kec. Tuntang, Kab. Semarang”. Salatiga: IAIN Salatiga.

Abdillah, Syekh Syamsidin abu. 1996. Terjemah Fathul Mu‟in. Surabaya: Al-Hidayah.

Adisusilo, Sutarjo. 2014. Pembelajaran Nilai Karakte. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Agoes, Dariyo. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Refika Aditama.

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ardiansyah, 2019. Skripsi: “Pelaksanaan Shalat Fardhu Bagi Remaja (Setudi Kasus Melaksanakan Sholat di RT 11 Dusun Mukti Makmur Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma). Bengkulu: IAIN Bengkulu

Al-Hafidz Ahsin W. 2005. Kamus Ilmu Al- Qur‟an.Jakarta: Amzah.

Ali Atabik dan Ahmad Muhdlor.Kamus Kontemporer Indonesia-Arab. Yogyakarta: Multi Karya Grafika, t.th ), cet. 5.

Al Islam Miftachul. Skripsi: “Penanaman Nilai-Nilai Ibadah Sholat Zhuhur Berjamaah Pada Murid Di Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang”. Malang: UIN MMI.

Alwi,Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.

Al-Qardhawi, Yusuf. 2001. Ibadah dalam Islam, Terj. Umar Fanani. Surabaya: PT. Biru Ilmu.

Ammar, Abbu, Abu Fatiah Al Adnani, Mizanul Muslim. 2016. Jawa Tengah: Cordova Mediatama.

Anwar, Ali. 2003. Studi Agama Islam. Bandung: CV pustaka setia.

Arafat, Yassir. 2007. Fiqih Gatak Gampil: Menggali Dasar Tradisi Keagamaan Muslim ala Indonesia. Asuruan: Ngalah Design.

Arikunto, Suharismi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ash-Shiddiqy, Hasbi. 2000. Kuliah Ibadah: Ibadah Ditinjau dari Segi Hukum dan Hikmah. Jakarta: Bulan Bintang.

Ernawati. 2020. Wawancara Pribadi. Orang Tua Aurel Maulana Putri: Padang.

Fadillah, Muhammad & Khorida, Lilif Mualifatu, 2016.Pendidikan karakter anak usia dini: konsep & aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gustanti, lesti. 2017. “komunikasI interpersonal orang tua dan anak dalam menanamkan nilai badah sholat dikelurahan labuhan raya kecamatan ketatin bandar lampung”.Lampung: UIN RII.

Hamid, Abdul. 2009. Fiqh Ibadah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hardati dkk. 2015. Pendidikan Koservasi. Semarang: Magnum Pustaka utama dan Pusat Pengembangan Kurikulum MKU Unnes semarang.

Hartinah, Siti. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Rafika Aditama.

Herimanto, Winarno. 2011. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Jakarta:Bumi Aksara.

Hidayatullah, 2018. Skripsi: “Nilai-Nilai Kitab Targhib Wa Targhib Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Sholat Wajid Mahasiswa Ikami Sulawesi Selatan Uin Sunan Ampel”. Tulungagung: UINSA.

Ida. 2020. wawancara pribadi. Orang Tua Rahana Usia 10 Tahun. Padang.

Ira. 2020. Wawancara Pribadi. Orang Tua Al Habib Riski Ramadhan: Padang.

Isna Mansur. 2001. Diskursus Pendidikan Islam. Yogyakarta: Global Pustaka Utama.

Keyza. 2020. Wawancaa Pribadi. Anak Usia 10 Tahun:Padang.

Khoiruna Hasim Ummu. 2019. Skripsi: “Upaya Meningkatkan Kemampuan Meniru Gerakan Sholat Melalui Metode Demonstrasi Anak 5-6 Tahun Di PAUD Al-Munawwaroh Di Desa Marindal I Kec. Patumbak, Kab. Deli Serdang”. Medan: UIN SUM.

Lickona,Thomas. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik. Bandung: penerbit Nusa Media.

Soekanto, Soerjo. 2013. Sosiologi Suatu Penganta. Jakarta: Raja Wali.

Lusiani. 2019. Skripsi: “Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Dengan Kepatuhan Sholat Pada Anak Madrasah Ibtidaiyah ” . Lampung: UIN RIL.

Maraji’. 2020. Shafaat Mudhiyah Min, Ibadatis Salaf, Ibrahim Muh.Husain Aliy (Al FikrahTahun 2 Edisi 17)Http://Wardah.or.ib/hal-hal -penrting - dalam-sholat/ diakses 3 agustus 2020

Mardalena. 2020. Wawancara Pribadi.Orang Tua Keyza Putri Ramadhani. Padang.

Marzuki.2015. Pendidikan Karakter Islam. Jakaarta: Amzah.

Masyur, Syekh Mustofa. 2002. Berjumpa Allah Lewat Shalat. Jakarta: Gema Insani Press, Bayrak, Syekh Tosun. 2007.

Murtadha Muthahhari, Energi Ibadah. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Matsuhdi. 2017. Dengan judul “ Penanaman Nilai-nilai Ibadah kepada Mahasiswa di Asrama Putera

Ma‟had al-Jami‟ah UIN Antasari”. Banjarmasin: UIN Antasari.

Mulyana, Rohmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan nilai. Bandung: Alfabeta.

Mu’min Siti Aisyah. 2013. “Teori Perkembngan Kongnitif Jean Piaget” Al-Ta‟dib,Vol 6 No. 1 Januari.

Nadhifah,Umi. 2016. Skripsi: “Upaya Keluarga Dalam Menanamkan Ibadah Pada Anak”. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Naim, Nganun & Ahmad Sauqi. 2008. Pendidikan Multikultural: Konsep Dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Mesia.

Nawawi, Hadari. 1996. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.

Nita, Nur Hidayah dan Hardi. 2017. Skripsi: “ Studi Korelasi Pelaksanaan Ibadah Shalat Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Nguter Sukoharjo. Surakarta: IAIN Surakarta.

Permendikbut. 2015. Peraturan Menteri pendidkikan dan kebudayaan republic indonesia nomor. 53 tahun 2015 tentang penilaian hasil belajar oleh pendidik dan satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menenggah.

Poerwanti, Endang. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Samani, Muchals dan Hariyanto.2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdayakarya.

Sapuri, Rafy. 2009. Psikologi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Simarta,Henry Thomas. 2017. Indonesia Zamrud Toleransi. Jakarta: PSIK Indonesia Sjarkawi. 2008.

Membentuk Kepribadian Anak “ Peran Moral Intelektual, Emosional, Dan Sosial Sebagi Wujud Integritas Membangun Jati Diri”. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Soryani, Sri. 2015. Skripsi: “ Penanaman Sikap Toleransi Di Kelas V Sd Negeri Siyono Iii Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sriwilujeng, Dyah. 2017. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surya. 2001. Bina Keluarga. Semarang: Aneka Ilmu.

Tilaar, H.A.R. 2000.Pendidikan Kebudayaan dan Masyarakat Madani di Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ulwan,Abdullah Nasih. 1995. Pendidikan Anak dalam Islam.Jakarta: Pustaka Amani.

Ummah, Khaira. 2017. Skripsi: “Pembinaan Ibadah Shalat Di Tpa Al-Azhar Siem Darusalam Aceh Besar”. Aceh: UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Wandari,Lufi Ayu. 2018. Skripsi:”Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Religius Anak Usia 9-10 Tahun Di Desa Watuagung Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek”( Tulungagung: UIN Tulungagung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tarbiyah Al-Awlad