UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA PELAJARAN SKI DI MIN 1 KOTA BENGKULU

Nidhia Firdha Kurniasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa melalui Model Jigsaw pada mata pelajaran SKI siswa di MIN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research), dengan data penelitian bersumber dari tiga kegiatan yaitu : 1) Data hasil observasi proses pembelajaran yang dilakukan kolaborator, 2) Data hasil perolehan belajar yang terdiri dari tes awal, tes siklus I dan II, 3) Hasil penyebaran angket pada siswa. Pada akhir Siklus I hasilnya dianalisis. Analisis ini dilakukan baik berupa keberhasilan dan kegagalan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan Siklus II. Artinya masalah dalam PBM yang muncul pada Siklus I, maka dilakukan pemecahan dan solusinya pada Siklus II. Kesimpulan diambil setelah membandingkan keberhasilan siswa secara individual dan klasikal pada Siklus I dengan Siklus II. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada siklus I telah muncul hal-hal negatif terhadap siswa- siswa yang belum mampu dan memahai Tipe Jigsaw (TimAhli) dalam melaksanakan pembelajaran dalam proses pembalajaran. Pada siklus II ini menunjukkan adanya beberapa perubahan yang sangat berarti, dari pada siklus I, yaitu semakin banyak siswa yang menyadari dan dapat belajar, menjelaskan latar belakang berdirinya Khulafaur Rasyidin serta tokoh-tokoh, dengan model Jigsaw dan timbulnya rasa keberanian untuk dapat tampil dalam tim ahli dan tim asal agar menjelaskan latar belakang berdirinya Khulafaura Rasyidin serta tokoh-tokoh dan merasakan Model pembelajara Jigsaw juga merupakan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam.

 


Keywords


Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Jigsaw, Sejarah Kebudayaan Islam



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v10i2.2575
Abstract views : 375 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 489 times

References


Arikunto , Suhaimi , 2010 , Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara , Jakarta .

Departemen Agama RI, 2002, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Direktorat

Iskandar , 2011, Penelitian Tindakan Kelas, Gaung Persada (GP) Press, Jakarta.

Mukhtar,Desain pembelajaran pendidkan Agama Islam ,CV Misaka Galiza anggota Ikapi 2003

Nurdin, Syafruddin , 2005 , Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Quantum Teaching, Jakarta.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 tahun 2008 tentang standar kompetensi lulusan dan standar isi pendidikan agama Islam dan bahasa Arab di Madrasah serata surat edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor,DJ.II.I/PP.00/ED/681/2006TANGG AL 1 Juli 2006

Rusman, 2011 , Model-Model Pembelajaran, Rajawali Pers, Jakarta.

Sahertian, Piet A , 1994 , Profil Pendidik Profesional, Andi Offset, Jakarta.

Slameto, 2010 , Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Rineka Cipta, Jakarta.

Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang-undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang sistim Pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tarbiyah Al-Awlad