ANALISIS PENGGUNAAN MODEL RECIPROCAL TEACHING BERBASIS HOTS TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI IPA SEKOLAH DASAR

Lisa Alistiana, Prima Aswirna, Yulita Ariani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbasis HOTS untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis, dengan metode studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu dokumentasi dimana peneliti mendapat data dari berbagai dokumen seperti buku pedoman, jurnal dan skripsi dan sebagainya. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi.


Keywords


Reciproal Teaching, HOTS, berfikir kritis, pembelajaran IPA



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v10i2.2578
Abstract views : 313 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 255 times

References


Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Bandung: PT.Sygma Examedia Arkanleema, 2009),

Firosalia Kristin, “Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD”, Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 2, Nomor 1, April 2016,

Hasan Baharun, Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSUR, Cendekia: Journal of Education and Society, 14.2 (2016),

I Gd Meter dan I Ketut Ardana Ni Wyn Pradnya Mitha, „Model Pembelajaran ASSURE Bernuansa Lingkungan Berbantuan Media Audiovisual Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu‟, Jurnal Mimbar PGSD, 2.1 (2014),

Kunandar. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2014

Kurniasih dan Sani, 2017. Ragam Pengembangan Model Pembemlajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Bandung: Kata Pena

Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, (Jakarta : Yayasan Obor Indonesia), 2004.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010)

Ni Putu Sariasih., 2016, Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan IPA Peserta Didik. Sasetan.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/7261/4959. diakses pada 28 Desember 2019. Undang-Undang Sistem Pendidikan

Nasional, www.inherent- dikti.net/sisdiknas.pdf. Shihab, Quraish, Tafsir Al-Misbah, (Cet. I; Jakarta: Lentera Hati, 2009), Suastra . 2017.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. PrenadaMedia Group. 2014

Sri Esti Wuryani Djiwandono, Psikologi Pendidikan. Jakarta

Wicaksono, A. G. & Candra. (2014). Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta didik SMA pada Pembelajaran Biologi dengan Strategi Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Sains, 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.