PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI AL-HIKMAH KETAMI KOTA KEDIRI

Agus Miftakus Surur, Desi Widayati, Siti Mauludah, Intan Putri Rahayu

Abstract


Multimedia Pembelajaran Interaktif adalah perpaduan antara berbagai media berupa teks, gambar, grafik, sound, animasi, video, yang dikemas dengan tampilan yang menarik untuk membangkitkan minat dan motivasi siswa agar terjadi interaksi antara guru dan siswa secara interaktif dan memudahkan guru dalam memberikan solusi dalam kegiatan pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal. Penggunaan multimedia sering dihubungkan dengan minat belajar seorang peserta didik. Dimana minat belajar adalah daya penggerak dari dalam diri individu untuk melakukan kegiatan belajar untuk menambah pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman. Kkususnya minat dalam mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana pada jenjang SD/MI. Mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang didalamnya terdapat teori dan juga praktik. Sehingga apabila peserta didik hanya diberikan bekal melalui buku yang sudah disediakan, maka hal tersebut tentu kurang dapat menghasilkan hasil yang maksimal. Maka pada penelitian ini akan memaparkan bagaimana pengaruh digunakannya multimedia pembelajaran interaktif terhadap minat belajar peserta didik kelas V khususnya pada materi pesawat sederhana dalam mata pelajaran IPA.

Keywords


Multimedia Interaktif, Minat Belajar, Pesawat Sederhana



DOI: https://doi.org/10.15548/jta.v11i2.3224
Abstract views : 211 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 512 times

References


Andi, A. P. (2019). Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, 3(2).

Basyari, A. (2013). Antara Minat dan Prestasi Beljar Sejarah dengan Kesadaran Sejarah Siswa MAN Yogyakarta III.

Fetri Yeni J. (2018). Penelitian Pendidikan. Prenada Media.

Maharani, Y. S., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Semarang. Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 16(1).

Musianto, L. S. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(2).

Putra, L. D. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pengenalan Peristiwa Lokal Berbasis Macromedia Flash untuk Siswa Sekolah Dasar Yogyakarta. Jurnal JPSD, 5(1).

Rahmawati, A. S., & Dewi, R. P. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) Sebagai Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1).

Rahmawati, T., Djono, & Pelu, M. (2019). Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar. Jurnal Candi, 19(2).

Supardi. (1993). Populasi dan Sampel Penelitian. Jurnal UNISIA, 16(1).

Tiari, D. A., Suryani, N., & Suharno. (2016). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Struktur Organ Tubuh Manusia dan Fungsinya. Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 16(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.