INTERNALISASI NILAI-NILAI ANTIKORUPSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR

Sri Melani, Alfurqan Alfurqan

Abstract


Tulisan ini membahas tentang internalisasi nilai-nilai antikorupsi yang dianggap dapat memberikan solusi terhadap permasalahan tindak kriminal korupsi yang sedang menimpa bangsa ini. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai anti korupsi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah dasar. Hal ini dilakukan karena mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dasar memiliki peranan strategis dalam mencapai tujuan pendidikan nasional yang kemudian diinternalisasikan ke dalam jiwa peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukan ada tiga nilai yang belum dihayati oleh peserta didik yaitu nilai kejujuran nilai kejujuran yaitu masih ada siswa yang tidak jujur dalam melakukan pembelian alat-alat tulis pada kantin kejujuran, nilai disiplin masih ada siswa yang terlambat datang kesekolah, sedangkan nilai tanggung jawab masih ada siswa yang terdapat tidak mengerjakan sholat zuhur berjamaah. Maka dapat dikatakan ketiga nilai antikorupsi tersebut belum dihayati peserta didik dengan baik sehingga dibutuhkan evaluasi untuk ketiga nilai tersebut agar dapat ditunjukan dalam perilaku sehari-hari. 




DOI: https://doi.org/10.15548/jta.v11i2.3280
Abstract views : 272 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 142 times

References


Akhwani, Mustofa. “Strategi Penanaman Nilai-nilai Antikorupsi Di Sekolah Dasar.” 2019, Education and Human Development Journal, Vol 4 No. 2 (September 2019): 44.

Alfurqan, A., & Harmonedi, H. (2017). Pandangan Islam Terhadap Manusia: Terminologi Manusia dan Konsep Fitrah serta Implikasinya dengan Pendidikan. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 2(2), 129-144.

Hadziq, Abdulloh. “Konsepsi Pendidikan Agama Antikorupsi di Sekolah Dasar.” 2017 Vol. 5 No.2 (n.d.). Accessed February 14, 2021.

Hamid, Abdul. “Metode Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 17 Kota Palu.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 14 No.2 (2016).

Hidayat, A., Sarina, D., Safni, P., Rahmawati, M., Sari, R., & Alfurqan, A. (2021). NILAI-NILAI ISLAM DALAM TRADISI NYOROG DI KAMPUNG PONDOK BENDA KECAMATAN JATIASIH KOTA BEKASI. Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama (JISA), 4(1), 54-68.

Ihsan, Fuad. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2017.

Lubis, Sopian. “Tinjauan Normatif Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Anti-Korupsi,” Murabbi, 02 No. 01 (June 2019).

Murniyeeti, M. (2018). PROFIL PENDIDIK DALAM LINGKARAN TERMINOLOGI AYAT-AYAT ALQURA. Islam Transformatif: Journal of Islamic Studies, 1(2), 191-202.

Mustoip, Sofyan, and Muhammad Japar. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER,” n.d., 313.

Nanggala, Agil. “INTERNALISASI NILAI-NILAI ANTI KORUPSI MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARANEGARAAN,” n.d., 15.

Purba, Nelvitia, and Syafii Zaini. “SOSIALISASI PEMBUDAYAAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI BERBASIS MADRASAH UNTUK MENANAMKAN ANTI KORUPSI BAGI SISWA.” AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 2, no. 1 (May 30, 2018): 133–40. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v2i1.104.

Taja, Nadri, and Helmi Aziz. “MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI ANTI KORUPSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 13, no. 1 (April 23, 2017): 39–52. https://doi.org/10.14421/jpai.2016.131-03.

Trinova, Z., Zen, W. L., & Alfurqan, A. (2018). Pencapaian Aspek Afektif Pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN Limbanang Kabupaten Lima Puluh Kota. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 119-130.

Ulandari, Ezy, and Junaidi Indrawadi. “Penanaman Nilai-Nilai Antikorupsi Di SMA Negeri 3 Padang (Implementation of Anti-Corruption Values in SMA Negeri 3 Padang),” n.d., 11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.