MATERI BERBICARA PADA BUKU SISWA KELAS IV SD/MI PERSPEKTIF TEORI KOMUNIKASI:SEBUAH ANALISIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi bahasa Indonesia yang tersusun dalam buku tematik kelas IV SD/MI dengan perspektif pendekatan komunikatif. Pendekatan komunikatif sebagai sebuah perspektif untuk melihat hubungan kompetensi berbahasa khususnya berbicara. Sebagai keterampilan mekanis berbicara bisa dilakukan dengan latihan. Maka dalam penelitian ini penulis melihat bagaimana fungsi bahasa sebagai alat komunikasi dan materi sebagai media pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan metode content analysis. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik catat dan dokumentasi. Kemudian data diolah dengan cara reduksi data, analisis, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi yang tersusun dalam buku tematik pelajaran Materi Bahasa Indonesia dalam buku siswa kelas IV tema 1 Indahnya Kebersamaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Edisi Revisi 2017 terdapat pada pembelajaran 1,3,4,dan 6 mengenai gagasan pokok dan gagasan pendukung. Materi keterampilan berbicara perspektif pendekatan komunikatif pada subtema 1, subtema 2, dan subtema 3 dari keseluruhan mata pelajaran terdapat keterampilan materi berbicara dengan adanya kegiatan ayo mencoba dan ayo berdiskusi, sedangkan materi yang tersusun dalam buku tematik pelajaran Bahasa Indonesia dalam buku siswa kelas IV tema 1 Indahnya Kebersamaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Edisi Revisi 2017 secara keseluruhan sesuai dengan aspek kompetensi berbicara persekptif komunikatif.Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.15548/jta.v11i2.3962
Abstract views : 284 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 160 times
References
Arikunto,Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 2002
. Manajemen Penelitian. Jakarta: Asdi Mahasatya. 2003
Ali Sofyan, Fauddilah. Implementasi Hots pada Kurikulum 2013. Jurnal Inventa. Vol 3. No1. 2019
Asiah. Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar. Vol 2. No 1. 2015
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya An- Nisa’. Jakarta: Kamila Jaya Ilmu. 2016
Hasan, Iqbal. Pokok-pokok Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia. 2002
Ihsan, Faud. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2013
Ilham, Muhammad dan Iva Ani Wijiati. Pengantar Keterampilan Berbicara. Pasuruan: Lembaga Academic dan Research Institute. 2020
Johar, Rahmah dan Latifah Hanum. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Budi Utama. 2016
Kadir, Abdul. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2012
Kurniawan, Asep. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakaya. 2018
Lunggulung, Hasan. Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Bandung: Al Maarif. 1980
Mafrukhi, dkk. Bagaimana Mengingkatkan Keterampilan Membaca. Jakarta: Erlangga. 2007
Magdalena, Ina dkk. Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol 2. No 2. 2020
Mustafa, Nur dk. Berbicara. Pekan Baru: Cendikia Insani. 2006
Muhmud, Saifuddin dan Muhammad Idham. Strategi Belajar Mengajar. Tt: Syiah Kuala University Press. 2017
Nana. Pengembangan Bahan Ajar. Semarang: Lakeisha. 2019
Rafli, Zainal dan Nunuk Lustyantie. Teori Pebelajaran Bahasa. Yogyakarta: Garudhawaca. 2016
Prastisi, Sri. Membaca. Semarang: Griya Jawi. 2009
Samsiyah, Nur. Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi. Magetan: Media Grafika. 2016
Syuryabrata,Sumardi. Metodologi Penelitian. Jakarta :Raja Grafindo. 2006
Tarigan, Henry Guntur. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa. 2008
UU RI NO. 20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika, 2003
Wahyuni, Sri dkk. Bahasa Indonesia 1. Surabaya: Lapis- PGMI. 2008
Widaningsih, Ida. Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. 2019
Zed, Mestika. Metodologi Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. 2004
Refbacks
- There are currently no refbacks.