MATERI BERBICARA PADA BUKU SISWA KELAS IV SD/MI PERSPEKTIF TEORI KOMUNIKASI:SEBUAH ANALISIS

Mahmud Mahmud

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi bahasa Indonesia yang tersusun dalam buku tematik kelas IV SD/MI dengan perspektif pendekatan komunikatif. Pendekatan komunikatif sebagai sebuah perspektif untuk melihat hubungan kompetensi berbahasa khususnya berbicara. Sebagai keterampilan mekanis berbicara bisa dilakukan dengan latihan. Maka dalam penelitian ini penulis melihat bagaimana fungsi bahasa sebagai alat komunikasi dan materi sebagai media pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan metode content analysis. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik catat dan dokumentasi. Kemudian data diolah dengan cara reduksi data, analisis, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi yang tersusun dalam buku tematik pelajaran Materi Bahasa Indonesia dalam buku siswa kelas IV tema 1 Indahnya Kebersamaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Edisi Revisi 2017 terdapat pada pembelajaran 1,3,4,dan 6 mengenai gagasan pokok dan gagasan pendukung. Materi keterampilan berbicara perspektif pendekatan komunikatif pada subtema 1, subtema 2, dan subtema 3 dari keseluruhan mata pelajaran terdapat keterampilan materi berbicara dengan adanya kegiatan ayo mencoba dan ayo berdiskusi, sedangkan materi yang tersusun dalam buku tematik pelajaran Bahasa Indonesia dalam buku siswa kelas IV tema 1 Indahnya Kebersamaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Edisi Revisi 2017 secara keseluruhan sesuai dengan aspek kompetensi berbicara persekptif komunikatif.

Keywords


Materi Bahasa Indonesia, buku teks, pendekatan komunikatif.



DOI: https://doi.org/10.15548/jta.v11i2.3962
Abstract views : 284 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 160 times

References


Arikunto,Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 2002

. Manajemen Penelitian. Jakarta: Asdi Mahasatya. 2003

Ali Sofyan, Fauddilah. Implementasi Hots pada Kurikulum 2013. Jurnal Inventa. Vol 3. No1. 2019

Asiah. Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar. Vol 2. No 1. 2015

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya An- Nisa’. Jakarta: Kamila Jaya Ilmu. 2016

Hasan, Iqbal. Pokok-pokok Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia. 2002

Ihsan, Faud. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2013

Ilham, Muhammad dan Iva Ani Wijiati. Pengantar Keterampilan Berbicara. Pasuruan: Lembaga Academic dan Research Institute. 2020

Johar, Rahmah dan Latifah Hanum. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Budi Utama. 2016

Kadir, Abdul. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2012

Kurniawan, Asep. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakaya. 2018

Lunggulung, Hasan. Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Bandung: Al Maarif. 1980

Mafrukhi, dkk. Bagaimana Mengingkatkan Keterampilan Membaca. Jakarta: Erlangga. 2007

Magdalena, Ina dkk. Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol 2. No 2. 2020

Mustafa, Nur dk. Berbicara. Pekan Baru: Cendikia Insani. 2006

Muhmud, Saifuddin dan Muhammad Idham. Strategi Belajar Mengajar. Tt: Syiah Kuala University Press. 2017

Nana. Pengembangan Bahan Ajar. Semarang: Lakeisha. 2019

Rafli, Zainal dan Nunuk Lustyantie. Teori Pebelajaran Bahasa. Yogyakarta: Garudhawaca. 2016

Prastisi, Sri. Membaca. Semarang: Griya Jawi. 2009

Samsiyah, Nur. Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi. Magetan: Media Grafika. 2016

Syuryabrata,Sumardi. Metodologi Penelitian. Jakarta :Raja Grafindo. 2006

Tarigan, Henry Guntur. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa. 2008

UU RI NO. 20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika, 2003

Wahyuni, Sri dkk. Bahasa Indonesia 1. Surabaya: Lapis- PGMI. 2008

Widaningsih, Ida. Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. 2019

Zed, Mestika. Metodologi Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. 2004


Refbacks

  • There are currently no refbacks.