IMPLEMENTASI STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT MUTIARA HATI PAYAKUMBUH

Risman Bustamam

Abstract


SDIT Mutiaran Hati Payakumbuh sudah menerapkan pembelajaran dengan strategi multiple intelligences pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam.  Dokumen perencanaan pembelajarannya disebut dengan lesson plan, ada Multiple Intelligences Research (MIR) pada saat penerimaan peserta didik baru untuk mengetahui kecerdasan mereka, peserta didik dikelompokkan berdasarkan kecerdasan masing-masing. Implementasi strategi multiple intelligences pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas 3.1 SDIT Mutiara Hati sudah terlaksana dengan baik. Lesson plan telah dimiliki oleh guru PAI sebelum pembelajaran dilaksanakan. Dasar  utama  guru  dalam  membuat  lesson  plan  untuk  kelas  3.1  SDIT  Mutiara  Hati  adalah kecerdasan linguistik peserta didik dengan menyesuaikan segala rencana kegiatan pembelajaran dengan indikator kecerdasan linguistik. Penerapan strategi multiple intelligences linguistik pada pembelajaran PAI di kelas 3.1 sudah terlaksana dengan kegiatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kecerdasan linguistik peserta didik, baik kegiatan di awal pembelajaran seperti apersepsi, warner, dan scane setting, kegiatan inti sajikan dengan metode-metode yang sesuai dengan kecerdasan linguistik, dan kegiatan di akhir pembelajaran.

 


Keywords


strategi, multiple intellegensi, PAI

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i2.431
Abstract views : 187 times
PDF : 378 times

References


Campbell, Linda, Dkk, Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, Depok: Intuisi Press,

Chatib, Munif, Sekolahnya Manusia, Bandung: Kaifa, 2009

, Gurunya Manusia, Bandung: Kaifa, 2011

Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Prasetyo, J.J. dan Yeni Andriani, Multiply Your Multiple Intelligences, Yogyakarta: Andi Offset, 2009

Prawiradilaga, Dewi Salma, Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2008

Sabri, Ahmad, Strategi Belajar Mengajar,

Jakarta: Quantum Teaching, 2005

Soefandi, Indra dan Ahmad Pramudya, Strategi Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak, Jakarta: Bee Media Indonesia, 2009

Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

Suparno, Paul, Teori Intelligensi Ganda & Aplikasinya di Sekolah,Yogyakarta; Kanisius, 2004

Uno, Hamzah B. dan Masri Kuadrat, Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.