PENGARUH PREDIKAT PROFESIONALITAS GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK, MASA KERJA, DAN USIA TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DI MI KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG

FAIZAH FAIZAH, Tri Sulistyowati

Abstract


Tujuan diadakannya uji sertifikasi adalah untuk menjadikan pendidik sebagai tenaga yang benar-benar profesional sehingga mampu meningkatkan kualitas SDM. Menggunakan metode survei kuesioner, dikuatkan dengan wawancara, observasi, penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh sertifikasi terhadap profesional kerja berdasarkan status sertifikasi, usia dan masa kerja. Hasil: pertama; sertifikasi tidak sepenuhnya berpengaruh terhadap perilaku profesional guru. Kedua; status sertifikasi belum dapat dijadikan jaminan keprofesionalan, guru yang sertifikasi dan nonsertifikasi belum memiliki perbedaan signifikan. Ketiga; guru bersertifikat dengan usia<40 lebih menonjol perilaku profesionalnya dibanding >40 tahun. Keempat; masa kerja <10 tahun lebih menunjukkan perilaku profesional dibanding >10 tahun.

Keywords


Perilaku profesional, guru, sertifikat pendidik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v12i2.5218
Abstract views : 43 times
PDF : 34 times

References


Daryanto. (2013). Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media.

Hasibuan. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lunadi, A,.G. (1986). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: PT Gramedia.

Mulyasa, E. (2012). Standar sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putra, P. (2017). Pengaruh Kinerja Guru Bersertifikasi Dan Belum Bersertifikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Min Se-Kabupaten Sambas. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 1 (1), 14-26.

Rachmawati, T,. Daryanto. & Sandy, A,. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta : Gava Media.

Sudjana, N. (1995). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung; Sinar Baru Algesingo.

Syah, M. (1995). Psikologi Pendidikan dengan Pendeketan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyudi, I. (2012). Pengembangan Pendidikan, Strategi Inovatif & Kreatif dalam Mengelola Pendidikan Secara Komprehensif. Jakarta: PT Prestasi Pustakakarya.

Zen, M. (2010). Kiat Sukses Mengikuti Sertifikasi Guru. Malang: Cakrawala Media Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar