Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Strategi Question Answer Relationships (QAR) Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Kota Padang

Resva Ingriza, Abdul Basit, Besral Besral

Abstract


Perkembangan minat baca siswa madrasah ibtidaiyah sangat rendah. Banyak faktor yang mempengaruhi kurangnya minat siswa dalam membaca sehingga kemampuan membacanya pun sangat rendah. Siswa mampu membaca namun tidak memahami inti dari bacaan yang dibacanya. Guru seringkali mengalami kesulitan dalam menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa madrasah ibtidaiyah kelas V dalam menjawab pertanyaan, menceritakan kembali isi bacaan dan menyimpulkan isi bacaan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dan kinerja guru dengan menggunakan strategi QAR. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Actions Research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata membaca pemahaman mengalami peningkatan. Kondisi awal dengan nilai rata-rata 59, meningkat pada siklus I menjadi 74, siklus II 81 dan di siklus III menjadi 88. Penggunaan strategi QAR dengan arahan guru secara langsung memberikan efek positif yaitu siswa aktif melakukan kegiatan prabaca, saat baca dan pascabaca serta memotivasi siswa untuk berpikir tingkat tinggi dengan merespon pertanyaan yang digunakan dalam strategi QAR. Dengan demikian, disarankan pada guru madrasah ibtidaiyah untuk menggunakan strategi QAR sebagai salah satu solusi meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.

Keywords


membaca pemahaman, minat baca, strategi pembelajaran



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v13i2.7384
Abstract views : 50 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 43 times

References


Abidin, Y. (2012). Pembelajaran membaca berbasis pendidikan karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Arifanti, R., Nurbaya,S. & Pujiono, S. (2014). Keefektifan strategi Question-Answer Relationships (QAR) dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tempel. Diakses dari Vol 3, No 1 (2014) (http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/5994/10/652).

Asrori. M. (2011). Penelitian tindakan kelas. Bandung: CV.Wacana Prima.

Basit, A., Besral, B., & Mahmud, M. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Negeri 18 Anduring Kota Padang. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 13(1), 89-97.

Basit, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Stad Saat Transisi Pembelajaran Daring Ke Luring Di Kelas V Sdn 15 Anduring Kota Padang. IEEJ: Islamic Elementary Education Journal, 1(2), 89-110.

Basit, A., Nurdin, S., & Kosim, M. (2023). Strategi Guru dalam Pengembangan Kurikulum di MI Negeri 3 Kota Padang. JIEP: Journal of Islamic Education Papua, 1(1), 1-17.

Burns,. Roe,. & Ross,. (1988). Teaching reading in today’s elementary school. Boston: Houghton Mifflin Company.

Cahyani, I. dkk. (2011). Menulis proposal penelitian. Bandung: CV.Bintang WarliArtika.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Peraturan Menteri No. 22 Tahun 2006, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Jakarta: BNSP.

Joni, R., Kardiawan & Hadisubrota, T. (2007) Penelitian tindakan kelas. Makalah Seminar Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Dasar.

Kasbolah. K . (2006). Penelitian tindakan kelas (PTK). Malang: Universitas Negeri Malang.

Klein, M & Peterson, S. (1991). Annotated instructor’s edition teaching reading in the elementary grades. Boston: Allyn and Bacon.

Leonhardt, M. (1999). 99 Cara menjadikan anak anda “keranjingan” membaca. Bandung : Kaifa.

Rosmiati. (2014). Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui cerita anak dengan strategi CIRC pada siswa kelas IV SD, (Tesis), Sekolah Pascasarjana Universitas Indonesia, Bandung.

Murtado. (2011). Menggunakan strategi Question-Answer Relationships (QAR) untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas delapan MTs Miftahul Huda Curugbitung. Diakses dari: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/15271.

Nana, S. (1992). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurgiyantoro. B. (2014). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi.Yogyakarta: BPFE.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum.

Rahim, F. (2008). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Sinar Grafika.

Resmini, N & Juanda, D. (2007). Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi. Bandung: UPI Press.

Suyitno. I. (2011). Memahami tindakan pembelajaran cara mudah dalam perencanaan penelitian tindakan kelas. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sukmadinata. N. S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santrock, J. W. (2012). Life-span development perkembangan masa hidup jilid I, Edisi Ketiga belas. Bandung: Erlangga.

Tarigan, H. (2013). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wiriaatmadja, R. (2005). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar