Pembelajaran Abad 21 Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD N 2 Lubuk Buaya Padang

Santi Ramadhani, Abdul Basit, Raudhatul Jannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran abad 21 menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD Negeri 2 Lubuk Buaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Taggart dengan dua siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian adalah hasil ulangan harian, jawaban LKPD, jurnal pengamatan dan dokumentasi. Alat pengumpul data meliputi tes (lisan dan tertulis), instrumen penelitian berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, siswa mampu bekerja sendiri dan mampu memecah permasalahan sendiri sehingga siswa lebih cepat dan mudah untuk mengingat materi pelajaran tersebut. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis pada siklus I mencapai 65,20 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata yaitu 80,40.

Keywords


berpikir kritis, pembelajaran abad 21, discovery learning, sekolah dasar



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v13i2.7385
Abstract views : 118 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 37 times

References


Aprilianti, L. Irawati, S & Kasrina. (20 18). Peningkatan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2(1): 58- 67.

Basit, A., Besral, B., & Mahmud, M. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Negeri 18 Anduring Kota Padang. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 13(1), 89-97.

Basit, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Stad Saat Transisi Pembelajaran Daring Ke Luring Di Kelas V Sdn 15 Anduring Kota Padang. IEEJ: Islamic Elementary Education Journal, 1(2), 89-110.

Basit, A., Nurdin, S., & Kosim, M. (2023). Strategi Guru dalam Pengembangan Kurikulum di MI Negeri 3 Kota Padang. JIEP: Journal of Islamic Education Papua, 1(1), 1-17.

Ewid Nur Anisa. (2017). Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa. 6 (2).

Dimas Risqi Pangaribowo. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Permainan Smart Case Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C SMP Kristen 2 Salatiga. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi. 10 (1). Diakses pada https://jurnal.uns.ac.id/bioeduka si/article/view/10142

Dorisno, D., & Nanda, O. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 9(2), 186-195.

Kemdikbud. (2020). Modul 05 Penerapan Pembelajaran Abad 21 Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Naila Ayadia. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Scientific Approach Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ngulmi Hamidah. (2019). Discovery Learning: Penerapan Dalam Pembelajaran IPA Berbantuan Bahan Ajar Digital Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Veteran. 3 (1). Diakses pada https://ejournal.ivet.ac.id/index.php/jipva /article/view/770

Oemar Hamalik. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar