STRATEGI RADIO ELSI FM BUKITTINGGI DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA MILLENIAL STRATEGI RADIO ELSI FM BUKITTINGGI DINA NGAJAGA AYA DI JAMAN MILLENIAL

HANIVA DIANA PUTRI

Abstract


Objek kajian dari penelitian ini adalah bagaimana strategi Radio Elsi FM yang merupakan Radio Publik Lokal dalam mempertahankan eksistensinya di era millineal. menggunakan  teori  strategi  Susan  Tyler  Eastman berupa strategi kesesuaian, startegi kebiasaan, strategi control arus pendengar, strategi penyimpanan sumber-sumber program, dan strategi daya penarik massa di radio elsi Fm dalam upaya mempertahankan eksistensi di era millinel.

Penelitian kualitatif ini dilakukan dengan mengumpulkan  data-datanya berupa data primer dan data sekunder. Data primer seperti wawancara  langsung  dengan  pihak  manajemen,  serta  data  sekunder berupa alat pendukung seperti dokumentasi, serta data hasil siaran program acara yang ada di radio elsi fm.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan berdasarkan teori strategi Susan Tyler Eastman yang diterapkan di radio Elsi Fm Bukittinggi. Menurut peneliti belum maksimal, karena  penerapan  strategi penyimpanan sumber-sumber program seperti penyimpanan sumber daya manusia, perangkat siaran, serta materi program belum berjalan dengan baik. Meski demikian Radio Elsi Fm tetap bisa dipertahankan pendengar aktif. Radio Elsi Fm juga melakukan strategi yaitu : strategi mempertahankan audience antara lain Bekerja sama dengan PEMDA dan Kominfo utnuk meliput sidang paripurna  DPRD, melakukan live report di balai kota . Yang kedua juga ada strategi persaingan dengan usaha sejenis dan media lain, antara lain: membuat  website  dan  streaming  radio  dengan  sasaran  prioritas  anak muda  yang  familiar  dengan  Iptek,  menggali  iklan  lewat  website, membuat medsos seperti facebook, instagram, twitter, dan youtube.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/al-hikmah.v9i2.4893
Abstract views : 160 times
PDF : 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus No.1, Lubuk Lintah, Kuranji. 
Kota Padang, Sumatera Barat, 25153




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.