Manajemen Manasik Haji Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Babussalam Padang (Studi Pelaksanaan)

Rahayu Santika, Efrizal Efrizal

Abstract


Penelitian ini adalah merupakan gambaran tentang manajemen pelaksanaan bimbingan manasik haji  oleh  (KBIH) Babusssalam kota Padang,  sudah memperoleh izin dari Kementerian Agama RI, dalam melaksanakan bimbingan kepada calon jemaah haji. Tujuan memberikan bimbingan manasik haji untuk  mempersiapkan calon jama’ah haji dengan ilmu manasik sehingga jamaah mampu mandiri dan mendapatkan haji mabrur, namun dalam pelaksanaanya terdapat beberapa kendala diantaranya, pembimbing yang belum bersertikat,  materi bimbingan yang cukup padat dan belum terstruktur, metode bimbingan yang belum maksimal, dan media yang digunakan masih terbatas. Mengatasi  itu KBIH Babussalam kota Padang menerapkan fungsi manajemen dalam melakukan bimbingan, meliputi: kriteria pembimbing , materi bimbingan,  metode bimbingan, serta media  manasik haji yang digunakan. Penelitian ini, menggunakan metode kualitatif dengan  penelitian lapangan (field research). Sumber  data yaitu pengurus  KBIH , para pembimbing dan calon jama’ah haji. Teknik pengumpulan data  digunakan  observasi,  wawancara dan studi dokumentasi.  Teknik penetapan sumber data  dengan  mengunakan reduksi data, menyeleksi data, penyajian analisis data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh a). Pembimbing manasik pada KBIH  Babussalam, masih ada yang belum  memiliki sertificat . b). Materi bimbingan manasik haji yang belum tersaji dengan baik,. c). Metode pelaksanaan bimbingan yang belum maksimal . d). Media dan tempat  bimbingan kurang  memadai karena jumlah jama’ah cukup banyak.

 

Kata Kunci : Manajemen, Bimbingan, Manasik, KBIH Babusssalam


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jmd.v3i1.2922
Abstract views : 630 times
PDF : 340 times

References


Al-Qur’anulkarim

Aep Firdaus, & Aep Kusnawan, 2009, manajemen Pelatihan Dakwah, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bungin, Burhan, 2009, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana.

Fetri Yeni, & Zuwirna, Syafril, 2012, Manajemen Sistem Kepelatihan, Padang: UNP PRESS.

Gomes, Faustino, Cardoso, 1995, anajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Andi Offset.

Gunawan, Imam, 2014, Metode Penelitian Kualitatif : Teori & Praktek, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kustini, dan Abdul Aziz, 2007, Ibadah Haji Dalam Sorotan Publik, Jakarta: Puslitbang Keagamaan.

Moleong, Lexy J, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Subagyo, Joko, 2015, Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono, 2018, Me Penelitian Kuantitatif, Kualitat dan R&D, Bandung: Alfabet.

DOKUMEN

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019, tentang Penyelenggaraan Ibadah haji dan Umrah, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI

Kementerian Agama 2016, Tugas, Fungsi, dan Metodol Pembimbing Manasik Haji, Jakarta: Direktorat Jenderal Penyelenggaraa dan Umah.

JOURNAL

Jarab, Japeri, Pengaruh Prediket Haji Mabrur Terhadap Motivasi Manasik Calon, Jamaah Haji, Dalam Journal: Kajian Ekonomi Islam -Volume 2, Nomor 1, Januari-Juni 2017.

Rahima Zakia, Ani Sulistina Wati, Manajemen Bimbingan Manasik Haji pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al-Hikmah Muaro Sijunjung, journal Al-Iman UIN Imam Bonjol Padang.

Ni’mah Nurfadillah, dkk, Manajemen Strategik Bimbingan Manasik Haji dalam Meningkatkan Kualitas Jamaah, Tadbir journal Manajemen Dakwah UIN Suna Gunung Jati Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah