Pemasaran Produk Pembiayaan Mudharabah Dan Murabahah Di KJKS BMT At Taqwa Muhammadiyah Cabang Pasar Raya Kota Padang
Abstract
Penelitian dilatar belakangi penurunan jumlah nasabah produk pembiayaan mudharabah dan murabahah di KJKS BMT At Taqwa Muhammadiyah Cabang Pasar Raya Kota Padang dari tahun 2015-2019 meskipun sudah diterapkannya bauran pemasaran atau marketing mix produk. Tujuan penelitian untuk mengetahui bauran pemasaran produk yang terdiri dari : strategi produk, tempat dan promosi. Metodologi penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data berasal dari kepala cabang, account officer, teller dan nasabah KJKS BMT At Taqwa Muhammadiyah Cabang Pasar Raya Kota Padang. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa telah dilaksanakannya bauran pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran, yaitu : 1) strategi produk pembiayaan mudharabah dan murabahah yang diterapkan menggunakan moto lembaga, merek produk, kemasan produk, label pada kemasan, terus berusaha meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan pelayanan. 2) strategi tempat pembiayaan telah memenuhi pertimbangan lokasi seperti akses yang mudah dijangkau, visibilitas yang baik, lalu lintas yang ramai, tempat parkir yang luas, lingkungan yang mendukung dan sesuai dengan peraturan pemerintah. 3) strategi promosi pembiayaan menerapkan promosi periklanan dengan membuat brosur, logo dan menerapkan promosi penjualan pribadi dengan cara mempresentasikan secara langsung produk pembiayaan mudharabah dan murabahah kepada masyarakat.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, produk, tempat, promosi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/jmd.v4i1.3081
Abstract views : 151 times
PDF : 62 times
References
Adam, Muhammad.2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta Ali, Al. 2005. Al Qur’an terjemahan. Diponegoro: Bandung
Alma, Buchari. 2010. Pengantar Bisnis. Alfabeta: Bandung
Anoraga, Pandji. 2007. Pengantar Bisnis: Pengelolaan Bisnis Dalam Era Globalisasi. Rineka Cipta: Jakarta
Amir, Taufik. 2005 Dinamika Pemasaran: Jelajahi dan Rasakan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi: Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Cahayati, Ati, 2009. Strategi dan Kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia: Jakarta Barat: PT Indeks
Craven, David W. 1998. Pemasaran Strategis, Jakarta: PT.Gelora Aksara Pratama Danupranata, Gita. 2013. Manajemen Perbankan Syari’a. Salemba Empat : Jakarta Selatan
Denzin, Norman dan Lincoln S. Yvonna. 2009. Handbook Of Qualitative Research Terj. Dariyanto dkk. Jogjakarta: Pustaka Belajar
Djaluli, A. dan Yadi Janwari, 2002. Lembaga Lembaga Perekononomian Umat Sebuah Pengendalian. Jakarta: PT Rajagrafindo
Gitosudarmo. 1955. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta Hafiz Hajar Al Ash Qalany, Al. balughul marram. Kairo
Hendriansyah, Haris. 2013. Wawancara, Observasi, dan Focus Group, sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Malang: PT Gelora Aksara Pratama
Huda, Nurul Dan Mohamad Heyka. 2010. Lembaga Keuangan Islam: Tinjauan Teoritis Dan Praktis. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah