Analisis Strategi Mengatasi Luberan Informasi (Information Spillover) Keagamaan Di Era Digital

danil folandra

Abstract


Merupakan bentuk nyata bahwa informasi di media sosial menimbulkan persoalan seperti hoaks, hate speech, truth claim dan lainnya. Semua ini menjadi konsekuensi logis dari evolusi pengetahuan di bidang teknologi. Kemudahan serta massifnya penyebaran informasi tidak hanya memberi kemudahan tetapi juga berefek pada biasnya informasi tersebut. Persoalan seperti ini jika didiamkan berlarut tentu akan berdampak pada perpecahan sosial di dunia digital. Maka dari itu studi ini ingin menyuguhkan kiat/strategi dalam membendung pesoalan di atas. Melalui kajian literatur, studi yang bersifat kualitatif ini merujuk pada buku, jurnal serta dokumen lain yang kiranya berkaitan dengan permasalahan yang dikaji. Studi ini kemudian dianalisis dengan metode eksploratif  dalam rangka mendapatkan gambaran yang komprehensif mengenai penelitian. Studi ini menemukan bahwa era digital bukanlah zaman yang harus dihindari mengingat efek negatif yang terjadi, melainkan harus dikelola sendiri oleh para aktor pengguna/user. Pengguna mesti memiliki sikap yang bijak dalam penyebaran informasi di media sosial. Sebelum menyampaikan pesan pengguna harus melakukan fact checking, dalam artian menelusuri sumber aktual dari berita yang didapatkan. Tak lupa pengguna juga bersikap kritis dari pesan serta mengkaji lebih lanjut informasi sebelum menyebarkan pesan keagaman. Dengan itu akan meminimalisir biasnya berita dari luberan informasi di media sosial (information spillover).

Keywords


Strategi, Luberan Informasi, Media Sosial

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jmd.v5i1.4185
Abstract views : 108 times
PDF : 58 times

References


Agusta, A. S. (2020). Integratifitas Informasi Keagamaan Melalui Media Virtual: Fanspage Facebook Persyarikatan Muhammadiyah. IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 14(2), 1. https://doi.org/10.30829/iqra.v14i2.7156

Agusta, A. S., & Laugu, N. (2020). Fresh Informasi Keagamaan Melalui Media Instagram Dalam Menanggapi Covid-19 Di Indonesia. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 11(2), 88–99. https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss2.art1

Departemen Agama RI. (2017). Mushaf al-Quran dan Terjemahannya. Pustaka Al-Kautsar.

Gumgum, G., Justito, A., & Nunik, M. (2017). Literasi Media: Cerdas Menggunakan Media Sosial Dalam Menanggulangi Berita Palsu (Hoax) Oleh Siswa Sma. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35–40. https://doi.org/1410 - 5675

Haidar Bagir. (2017). Islam Tuhan Islam Manusia: Agama dan Spritualitas di Zaman Kacau. Mizan.

Hartono, D. (2018). Era Post-Truth : Melawan Hoax dengan Fact Checking. Prosiding Seminar Nasional Prodi Ilmu Pemerintahan 2018, 73. http://repository.fisip-untirta.ac.id/952/

Munardi, B. (2021). Efek Media Massa Terhadap Agama dan Kehidupan Sosial Budaya Dalam Pembentukan Moral Dan Kepribadian Masyarakat. Journal Waraqat, VI(2), 74–83.

Nadirsyah Hosen. (2017). Saring Sebelum Sharing: Pilih Hadis Sahih, Teladani Kisah Nabi Muhammad SAW. dan Lawan Berita Hoax. Bentang.

Nugroho, H. A., Winarno, W., & Anindi, R. P. (2021). The Implementation of Panca Jiwa In Pesantren Agro Nur El Falah Salatiga. Indonesian Journal of Religion and Society, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36256/ijrs.v3i1.126

Nurlatifah, M., & Irwansyah, I. (2019). Fact-Checking Journalism sebagai Platform Kolaborasi Human and Machine pada Jurnalisme Digital. Jurnal Komunikasi, 13(2), 121–134. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol13.iss2.art1

Prisgunanto, I. (2018). Pemaknaan Arti Informasi Di Era Digital. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(2), 143. https://doi.org/10.32509/wacana.v17i2.619

Robeet Thadi. (2019). Literasi Media Khalayak Di Era Keberlimpahan Informasi Di Media Massa. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 19(01), 90–102.

Safrawali. (2021). Belajar Agama Islam di Era Digital : Fenomena Akses Informasi Keagamaan Melalui Media Sosial. Jurnal Sains Sosio Huaniora, 5(1), 682–690.

Saifuddin Zuhri Qudsy Irwan Abdullah, M. P. (2021). S Aifuddin Z Uhri Q Udsy I Rwan a Bdullah. 20(60), 92–114.

Simarmata, J. (2019). Hoaks dan Media Sosial: Saring Sebelum Sharing (Issue October). https://www.researchgate.net/profi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah