Strategi Dakwah Husein Ja’far al Hadar terhadap Generasi Z di Indonesia

Siska Novra Elvina, Randi Saputra, Wanda Fitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dakwah yang digunakan oleh Habib Husein Ja’far al Hadar dalam menyampaikan dakwahnya ditengah masyarakat khususnya generasi Z. Generasi Z yang dalam kesehariannya tidak bisa lepas dari gawai, dan selalu mengandalkan gawai untuk mencari setiap informasi yang ingin diketahui. Adanya pergeseran dalam perkembangan zaman dalam teknologi, membuat da’i juga mampu menyesusaikan diri dalam menyampaikan pesan dakwah, agar nilai-nilai keislaman dapat diterima baik ditengah masyarakat, khususnya generasi Z yang sedang mencari kebenaran dalam suatu agama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan yang bersifat study pustaka (library research). Data dikumpulkan menggunakan metode eksploratif, interpretasi, dan analisis. Setelah data terkumpul, lalu dilakukan analisis menggunakan teknik descriptive analysisi content (analisisi deskriptif konten). Hasil penelitian yang ditemukan adalah Habib Husein Ja’far al Hadar dalam menyampaikan dakwah adalah dengan cara bersikap santun, santai, dan dibungkus dengan candaan, adanya kedekatan emosional menjadikan dirinya mudah diterima dimasyarakat khususnya generasi Z. Media yang digunakan dalam menyampaikan dakwahnya adalah kanal youtube, instagram, dan twitter.

Kata Kunci : Strategi dakwah, Habib Ja’far, Dakwah kontemporer

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jmd.v5i2.5036
Abstract views : 1851 times
PDF : 964 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah