Strategi Dakwah dan Dampaknya dalam Mengislamkan Non-Muslim di Indonesia: Studi Kasus Ustadz Syamsul Arifin Nababan
Abstract
Ustadz Arifin Nababan diterapkan melalui; 1) dakwah bil-hikmah, 2) dakwah bil-hal, 3) mendirikan yayasan dan pondok pesantren khusus untuk membina para muallaf, 4) membuat akun media sosial sebagai media dakwah untuk para muallaf yang ia bina. Pengaruh dakwah
Ustadz Arifin Nababan yaitu; 1) meningkatkanya ketertarikan non-muslim dan ateis untuk memeluk agama Islam, 2) berpengaruh kuat bagi pembentukan nilai-nilai sosial ditengah masyarakat umum.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Baqir Zein. (2001). Sapa Memilih Islam. Gema Insani Pres.
Abdul Basit. (2021). Dakwah Milenial. WawasaN Ilmu.
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.
Achmad Baidowi, M. S. (2021). Strategi Dakwah di Era New Normal. Muttaqien: Jurnal Kajian Islam Multidisiplin Indonesia, 2(1), 72.
Aditia Muara Padiatra. (2020). Ilmu Sejarah Metode dan Praktik. CV Jendela Sastra Indonesia Press.
Andi Dewi Mahardika. (2019). Komunikasi Antarpribadi Pembina Dalam Meningkatkan Kepecayaan Diri Santri Muallaf di Pesantren Pembinaan Muallaf An-Naba Center Indonesia. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Beruntung Prhartanto. (2023). Pola Komunikasi Dakwah Sebagai Cerminan Kepribadian Dai. Bil Hikmah: Jounal Komunikasi Dan Penyuaran Islam, 1(1), 70.
Cahyana Kumbul Widada. (2018). Mengambil Manfaat Media Sosial Dalam Pengembangan Layanan. Journal Of Documentation and Information Science 6003, 2(1).
Halily, T. (2013). Metode Dakwah Ustadz Syamsul Arifin Nababan Dalam Membina Aqidah Santri Muallaf di Pondok Pesantren Pembinaan Muallaf Annaba Center Tanggerang Selatan banten. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Indah Kinanti Pratiwi. (2021). Metode Dakwah Yayasan Pembinaan Muallaf Al-Muhajirin Bumi Asri Menumbuhkan Nilai-Nilai Tauhid Terhadap Muallaf di Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan. UIN Sumatera Utara Medan.
Jailani, F. (2020). Planologi Dakwah. Ar-Raniry Press.
Kamal Fany. (2018). Konsep Pendidikan Aqidah Khusus Muallaf dan Aplikasinya di Pesantren Pembinaan Muallaf Yayasan An-Naba Center Indonesia Ciputat Tanggerang Selatan. Pascasarjana Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta.
Mahardika, A. D. (2019). Komunikasi Antarpribadi Pembina Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Santri Mualaf di Pesantren Pembinaan Muallaf An Naba Center Indonesia. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mahmud, A. (2018). Dakwah Dalam Mencapai Al-Quran Sebagai Alat Mencapai Tujuan Dakwah Islam. Al-Asas, 1(2), 70.
Moh Ali Aziz. (2017). Ilmu Dakwah (cet-ke 6). KENCANA (Divisi dari Prenamedia Group).
Novri Hardian. (2018). Dakwah Dalam Persfektif Al-Quran dan Hadits. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 42(52), 7.
Prasetyo Aprianto, T. (2015). Strategi Komunikasi Penyuluhan Pada Pembinaan Mua’alaf di Yayasan An Naba Center Sawah Baru Ciputat. UIN Syarif Hidayatullah.
Rizfa Izzati, D. (2021). Strategi Dakwah Ustadz Syamsul Arifin Nababan dalam Membina Santri Muallaf di Pondok Pesantren Annaba Center Tanggerang Selatan Banten. Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta.
Sarwo Edy,Sumarta, M. (2022). Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Mental dan Pembentukan Karakter Kepribadian Anak Kajian Teoritis dan Praktis. CV. Adanu Abimata.
Try Prasetyo Aprianto. (2015). Strategi Dakwah dan Dampaknya dalam Mengislamkan Non-Muslim di Indonesia: Studi Kasus Ustadz Syamsyul Arifin Nababan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Yatunupus, Z. (2016). Komunikasi Intrapersonal Pada Remaja Konveksi Agama di Pesantren Pembinaan Muallaf Yayasan Annaba Center Indonesia. Universitas Isllam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.15548/jmd.v6i2.7392
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah