Hambatan Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok oleh Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam pada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

oper riga

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini, mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam angkatan 2015 mereka telah dibekali dengan layanan bimbingan kelompok, baik teori maupun praktik namun masih terhambat dalam pelaksanaannya, karena itu penulis tertarik untuk meneliti dan mengkaji tentang hambatan pelaksanaan bimbingan kelompok oleh mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan kognitif (pengetahuan), untuk menggambarkan hambatan   afektif   (sikap), untuk mempelajari hambatan keterampilan dalam pelaksanaan bimbingan kelompok oleh mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Islmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif pendekatan deskriptif, teknik pengambilan sampel adalah   purposive sampling, yaitu pengambilan sampel pertimbangan pertimbangan tertentu, karena subjeknya adalah mahasiswa angkatan 2015 yang melengkapi 133 orang, penulis tetapkan sebanyak 12 informan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok oleh mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam pada Fakultas Dakwah dan Imu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.   (1)   Hambatan   kognitif   (pengetahuan)  diketahui   bahwa   kurangnya wawasan tentang layanan bimbingan kelompok adalah menjadi pemicu utama hambatan dalam pelaksanaan layanan ini. (2) Hambatan afektif (sikap) ditemukan bahwa karena kurangnya wawasan tentang orang awam ini maka mahasiswa tersebut kurang percaya diri dalam pelaksanaannya. (3) Hambatan keterampilan dapat dipaparkan bahwa mahasiswa tersebut kurang terlatih dalam melaksanakan layanan ini karena mereka jarang melakukan layanan ini, layanan ini mereka lakukan hanya pada saat tertentu seperti pada saat ada tugas tugas kuliah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/jbki.v12i1.2729
Abstract views : 152 times
PDF : 2565 times

References


Achmad Juntika Nurihsan, Layanan Bimbingan dan Konseling, (Bandung: PT Reflika Aditama, 2005)

Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Kencana, 2003)

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahan “Al-Jumanatul Hadi” (Bandung: JumantulAli-ART, 2002)

Dewa ketut sukardi, Manajemen Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000)

Lexy, J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000)

Prayitno, Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah (Jakarta: Rineka Cipta, 2001)

Prayitno, Layanan Bimbingan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil), (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1995)

Romlah Tetik, Teori dan praktek bimbingan kelompok (Malang: Universitas Negeri Malang, 2001)

Sjahudi Siradj, Pengantar Bimbingan dan Konseling, (Surabaya: PT. Revka Petra Media, 2012)

Sudarwan Danim, Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, dan Humaniora, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002)

Tatiek dkk, Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok, (Malang: Universitas Negeri Malang, 2001)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.